Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Sunday 16 December 2018

Hamidulloh Ibda Sebar Virus Jurnalisme di Universitas Ngudi Waluyo


Ungaran - Dosen STAINU Temanggung Hamidulloh Ibda menyebarkan virus jurnalisme di Gedung M lantai 4 Universitas Ngudi Waluyo (UNW) Ungaran, Kabupaten Semarang, Ahad (16/12/2018). Kegiatan itu dalam rangkaian Workshop Inovasi Pembelajaran bertajuk "Menuju Guru yang Kreatif" yang digelar Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNW.

Dalam pemaparannya, Ibda menjelaskan menjadi mahasiswa calon guru atau guru dalam melalukan inovasi merupakan keniscayaan. "Tugas guru sesuai Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen atau UUGD, guru hanya dituntut memiliki empat kompetensi. Mulai dari kompetensi pedagogie, kepribadian, sosial, dan profesional dan minimal menguasai delapan keterampilan mengajar. Nah, profesional ini tidak hanya yang mendapat sertifikat pendidik profesional, tapi yang melakukan inovasi dan berkarya ini juga bagian dari profesional," ujar pengurus bidang Diklat dan Litbang LP Ma'arif NU Jawa Tengah tersebut.

Ia mengatakan, salah satu usaha menjadi guru kreatif adalah melalui kegiatan literasi. “Anda bisa memilih, mau fokus di karya jurnalistik, karya sastra, atau karya ilmiah,” tukas dia.

Penulis buku Media Literasi Sekolah tersebut mengatakan, menulis bagi mahasiswa tidak sekadar kegiatan mengisi waktu kosong, melainkan menjadi keharusan. “Selain makalah, syarat teman-teman lulus adalah skripsi, kalau magister ya wajib menulis tesis, kalau doktor ya disertasi. Nah, untuk menjadi mahasiswa calon guru atau guru, tentu wajib menulis karya ilmiah, juga karya jurnalistik di media massa,” kata dia.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Hamidulloh Ibda Sebar Virus Jurnalisme di Universitas Ngudi Waluyo Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda