Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Tuesday 5 February 2013

Manajemen Keredaksian

Oleh Moh Mufid
Pemimpin Redaksi MAJALAH TUNTAS Lapmi Cabang Semarang 
Disampaikan pada Pelatihan Jurnalistik LAPMI Demak di Auditorium Sanggar Pramuka Demak
Sabtu, 26 Januari 2013

Manajemen keredaksian dapat diartikan proses antar orang yang merupakan satu kesatuan secara efektif dalam sebuah organisasi media massa untuk mencapai tujuan atau sasaran. Manajemen keredaksian adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi dan pemeliharaan orang-orang dengan tujuan membantu mencapai tujuan organisasi (pers), individual dan masyarakat.
Paling penting adalah bagaimana individu-individu yang terlibat dalam organisasi harus mampu terlebih dahulu memanajemen pribadinya masing-masing. Manajemen pribadi tersebut meliputi beberapa hal antara lain: perencanaan kegiatan, pengorganisasian kegiatan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi kegiatan dan pengawasan kegiatan dengan pemanfaatan waktu seefektif dan seefisien mungkin. Bila tiap individu di dalam organisasi menyadari betul akan posisi masing-masing dengan job description (deskripsi tugas) yang jelas dan tegas, maka perencanaan akan mudah dibangun dan diterapkan.
Ada dua bagian besar sebuah penerbitan pers atau media massa: Bagian Redaksi (Editor Department) dan Bagian Pemasaran atau Bagian Usaha (Business Department). Bagian Redaksi dipimpin oleh Pemimpin Redaksi. Bagian Pemasaran dipimpin olen Manajer Pemasaran atau Pemimpin Usaha. Di atas keduanya adalah Pemimpin Umum (General Manager). Ada juga Pemimpin Umum yang merangkap Pemimpin Redaksi.
Bagian Redaksi tugasnya meliput, menyusun, menulis, atau menyajikan informasi berupa berita, opini, atau feature. Orang-orangnya disebut wartawan. Redaksi merupakan merupakan sisi ideal sebuah media atau penerbitan pers yang menjalankan visi, misi, atau idealisme media.Bagian Redaksi dikepalai oleh seorang Pemimpin Redaksi. Di bawah Pemred biasanya ada Wakil Pemred yang bertugas sebagai pelaksana tugas dan penanggungjawab sehari-hari di bagian redaksi.
Pemred/Wapemred membawahi seorang atau lebih Redaktur Pelaksana yang mengkoordinasi para Redaktur (Editor), Koordinator Reporter atau Koordinator Liputan (jika diperlukan), para Reporter dan Fotografer, Koresponden, dan Kontributor. Termasuk Kontributor adalah para penulis lepas (artikel) dan kolumnis. Di Bagian Redaksi ada pula yang disebut
Dewan Redaksi atau Penasihat Redaksi. Biasanya terdiri dari Pemred, Wapemred, Redpel, Pemimpin Usaha, dan orang-orang yang dipilih menjadi penasihat bidang keredaksian. Ada pula yang disebut Staf Ahli atau Redaktur Ahli, yakni orang-orang yang memiliki keahlian di bidang keilmuwan tertentu yang sewaktu-waktu masukan atau pendapatnya sangat dibutuhkan redaksi untuk kepentingan pemberitaan atau analisis berita. Bagian lain yang terkait dengan bidang keredaksian adalah Redaktur Pracetak yang membidangi tugas Desain Grafis (Setting, Lay Out, dan Artistik) serta Perpustakaan dan Dokumentasi. Dalam hal tertentu, bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dapat masuk ke bagian Redaksi.
Tim REDAKSI
Redaksi adalah tim yang akan melaksanakan tugas keredaksian. Susunan atau tim redaksi bisa menyontoh yang ada di media umum tetapi pada pelaksanaannya tim redaksi lebih baik sesuai dengan kebutuhan sekolah. Contoh susunan redaksi
1.      Pemimpin Umum (General Manager)
Ia bertanggung jawab atas keseluruhan jalannya penerbitan pers, baik ke dalam maupun ke luar. Ia dapat melimpahkan pertanggungjawabannya terhadap hukum kepada Pemimpin Redaksi sepanjang menyangkut isi penerbitan (redaksional) dan kepada Pemimpin Usaha sepanjang menyangkut pengusahaan penerbitan.
2.      Pemimpin Redaksi 
Mengkoordinasikan kerja tim redaksi.Mempertanggung jawabkan isi keredaksian kepada penanggung jawab redaksi.
3.      Sekretaris Redaksi
Mengelola administrasi keredaksian (surat-menyurat, honorarium dan biaya operasional redaksi). Memeriksa kesiapan tim redaksi.
Mempertanggung jawabkan administrasi kepada pemimpin redaksi.
4.      Reporter 
Melakukan reportase (peliputan). 
Membuat tulisan dari hasil peliputan.
Mempertanggung jawabkan hasil kerja kepada pemimpin redaksi.
5.      Fotografer 
Mencari foto sesuai dengan kebutuhan redaksi.
Mendampingi reporter dalam peliputan.
Mendokumentasikan foto untuk kepentingan redaksi.
Mempertanggung jawabkan hasil karya kepada pemimpin redaksi
6.      Penata Letak 
Merencanakan tata letak visual teks dan gambar media.
Menata letak teks dan gambar sesuai dengan kebijakan redaksi.
Mempertanggung jawabkan hasil kerjanya pada pemimpin redaksi. 
7.      Distributor
Mendistribusikan media ke siswa, guru dan sekolah lain.
Mempertanggung jawabkan hasil kerjanya pada pemimpin redaksi.

RAPAT REDAKSI 
Rapat, membahas tema yang akan diangkat. 
Tema akan dikupas di Tajuk, Laporan Utama dan Opini. 
Juga pembagian job description
Dalam rapat redaksi dibahas pula time schedule (jadwal penerbitan) yang meliputi
1. Hunting (berita, iklan dan naskah-naskah yang diperlukan redaksi)
2. Penulisan
3. Editing
4. Lay out5. Naik cetak
6.Distribusi
7. Evaluasi
III. RUBRIKASI
Rubrik adalah wadah bagi sekelompok tulisan atau foto dengan karakteristik dan tujuan tertentu. Contoh rubrikasi
1. Salam Redaksi
2. Tajuk
3. Laporan Utama
4. Opini
5. Laporan Pendukung
6. Profil
7. Tips
8. Humor
9. Resensi
10. Cerpen
11. Puisi
12. Liputan Sekolah
13. dan lain-lain

Sumber Pustaka
Sucipto Hadi Purnomo, Mengelola Media Sekolah, Makalah, 22 Februari 2009.
Syaiful Mustaqim, Bentuk Penerbitan Sekolah, Makalah, t.th.
Majalah Sur’ah MA Walisongo Pecangaan edisi 01 th. 2011
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Manajemen Keredaksian Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda