Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Saturday 22 July 2023

ID Orcid Hamidulloh Ibda 0000-0001-5535-3688


Hamidullohibda.com - Bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang ID Orcid Hamidulloh Ibda, maka sebelumnya perlu kami jelaskan itu apa itu Orcid, simpelnya tentang konsep dan pengertian ORCID atau Orcid.

Menurut pengertian di website https://info.orcid.org/what-is-orcid/, ORCID, yang merupakan singkatan dari Open Researcher and Contributor ID, adalah sebuah organisasi nirlaba global yang ditopang oleh biaya dari organisasi-organisasi anggota kami. Kami dibangun oleh komunitas dan diatur oleh Dewan Direksi yang mewakili keanggotaan kami dengan representasi pemangku kepentingan yang luas. ORCID didukung oleh staf profesional yang berdedikasi dan berpengetahuan luas.

Orcid adalah singkatan dari "Open Researcher and Contributor ID." Ini adalah sistem identifikasi unik dan persisten yang digunakan untuk mengidentifikasi para peneliti dan para kontributor dalam dunia riset, publikasi ilmiah, dan aktivitas penelitian lainnya. Tujuan utama dari ORCID adalah untuk membantu mengatasi masalah ambiguitas dan kebingungan yang sering terjadi ketika ada banyak peneliti dengan nama yang sama atau mirip.

Lihat: Cara Visualisasi Artikel dengan Aplikasi VOSviewer

Setiap peneliti atau kontributor yang mendaftar di ORCID diberikan sebuah kode identifikasi unik yang terdiri dari angka dan huruf. Identifikasi ini bersifat persisten, artinya kode tersebut tetap sama sepanjang karir peneliti atau kontributor, tidak peduli apakah mereka berpindah universitas, bekerja di industri yang berbeda, atau mengubah nama mereka karena alasan pribadi.

Dengan memiliki ORCID, para peneliti dapat dengan mudah menyematkan identitas mereka pada publikasi ilmiah, proposal penelitian, data penelitian, dan aktivitas akademis lainnya. Ini membantu memastikan bahwa karya dan kontribusi mereka diakui dengan benar, menghindari kebingungan, dan mempermudah pengarsipan dan pencarian informasi terkait peneliti tertentu.

Baca: Inilah ID Sinta Hamidulloh Ibda Terbaru

ORCID juga berfungsi sebagai alat untuk membantu menghubungkan data penelitian antara berbagai platform dan sistem, memfasilitasi kolaborasi dan integrasi data di bidang penelitian.

Secara singkat, ORCID adalah sistem identifikasi peneliti dan kontributor yang unik, persisten, dan membantu meningkatkan transparansi, akurasi, serta interoperabilitas di dalam komunitas penelitian global.

Di sisi lain, ORCID menyediakan pengenal digital persisten (ORCID iD) yang Anda miliki dan kendalikan, dan yang membedakan Anda dengan setiap peneliti lainnya. Anda dapat menghubungkan iD Anda dengan informasi profesional Anda - afiliasi, hibah, publikasi, tinjauan sejawat, dan banyak lagi. Anda dapat menggunakan iD Anda untuk membagikan informasi Anda dengan sistem lain, memastikan Anda mendapatkan pengakuan atas semua kontribusi Anda, menghemat waktu dan kerumitan, dan mengurangi risiko kesalahan.

Selain itu, dijelaskan juga melalui https://info.orcid.org/what-is-orcid/ tentang prinsip-prinsip ORCID.

Prinsip-prinsip Pendirian Orcid 

  1. ORCID akan bekerja untuk mendukung terciptanya catatan penelitian dan komunikasi ilmiah yang permanen, jelas, dan tidak ambigu dengan memungkinkan atribusi yang dapat diandalkan dari para penulis dan kontributor.
  2. ORCID akan melampaui batas-batas disiplin ilmu, geografis, nasional, dan institusional.
  3. Partisipasi dalam ORCID terbuka untuk organisasi mana pun yang memiliki minat dalam penelitian dan komunikasi ilmiah.
  4. Akses ke layanan ORCID akan didasarkan pada persyaratan yang transparan dan tidak diskriminatif yang diposting di situs web ORCID.
  5. Peneliti akan dapat membuat, mengedit, dan memelihara pengenal dan catatan ORCID secara gratis.
  6. Peneliti akan mengontrol pengaturan privasi yang ditentukan dari data catatan ORCID mereka sendiri.
  7. Semua data yang dikontribusikan ke ORCID oleh peneliti atau diklaim oleh peneliti akan tersedia dalam format standar untuk diunduh secara gratis (tunduk pada pengaturan privasi peneliti sendiri) yang diperbarui setahun sekali dan dirilis di bawah pengabaian CC0.
  8. Semua perangkat lunak yang dikembangkan oleh ORCID akan dirilis untuk umum di bawah lisensi Perangkat Lunak Sumber Terbuka yang disetujui oleh Open Source Initiative. Untuk perangkat lunak yang diadopsinya, ORCID akan lebih memilih Open Source.
  9. Pengidentifikasi ORCID dan data catatan (tunduk pada pengaturan privasi) akan tersedia melalui kombinasi API dan layanan tanpa biaya dan berbayar. Setiap biaya akan ditetapkan untuk memastikan keberlanjutan ORCID sebagai organisasi nirlaba, organisasi amal yang berfokus pada keberlanjutan jangka panjang sistem ORCID.
  10. ORCID akan diatur oleh perwakilan dari berbagai pemangku kepentingan, yang sebagian besar adalah organisasi nirlaba, dan akan berusaha untuk mencapai transparansi maksimal dengan mempublikasikan ringkasan semua rapat Dewan dan laporan keuangan tahunan.

Nah, setelah mendapatkan penjelasan tentang Orcid, sudah tiba saatnya kami informasikan tentang ID Orcid Hamidulloh Ibda 0000-0001-5535-3688 atau https://orcid.org/0000-0001-5535-3688

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: ID Orcid Hamidulloh Ibda 0000-0001-5535-3688 Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda