Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Sunday 3 November 2013

Membongkar Misteri Bunda Putri




Oleh Hamidulloh Ibda
Direktur Eksekutif Forum Muda Cendekia (Formaci) Jawa Tengah,
Mahasiswa Aktif Program Pascasarjana Unnes

Baru-baru ini, nama Bunda Putri mengguncangkan jagat media massa. Tak hanya kalangan politisi, namun masyarakat hukum juga masih “kebingungan” dan terdorong membongkar misteri Bunda Putri. Sosok Bunda Putri memang misterius dan membuat sejumlah kalangan “emosi keras” karena masalah ini seperti “dimainkan” pihak tertentu. Menurut penulis, istilah yang tepat untuk fenomena Bunda Putri adalah “politik ngebom” untuk mengguncangkan dan meledakkan kondisi pemerintahan Presiden SBY.
Karena itu, jika kondisi Partai Demokrat tidak ingin cidera atau babak belur, maka internal Demokrat harus segera membongkarnya. Bahkan,  jika SBY tak kunjung membongkar misteri Bunda Putri, banyak politisi memprediksi Partai Demokrat akan semakit babak belur dan hancur. Akan tetapi, meskipun rapi dan membingungkan, misteri ini semakin terkuak dan mulai kelihatan siapa sebenarnya sosok Bunda Putri. Bahkan, sejumlah pejabat mengaku kenal dan mengungkapkan sosok Bunda Putri yang mereka tahu. Wajah Bunda Putri bahkan sudah tersebar luas di dunia maya. 
Entah dari mana foto-foto itu didapat dan disebarkan. Yang jelas, beberapa pejabat telah membenarkan wanita yang foto bersamanya itu adalah Bunda Putri. Bunda Putri seperti dalam foto itu memiliki potongan rambut pendek di atas bahu. Dia memakai kacamata dan selalu berpakaian rapi. Beberapa informasi terkait Bunda Putri seperti di atas sudah ramai di media massa. Akan tetapi, siapakah sebenarnya sosok Bunda Putri?
Siapakah Bunda Putri?
Di media massa sudah diberitakan, bahwa dalam beberapa foto, Bunda Putri juga terlihat mengenakan perhiasan seperti anting, kalung, gelang, dan cincin berlian di jari tangan kiri dan kanannya. Bunda Putri pun selalu tersenyum.  Nama lain Bunda Putri yang selama ini menjadi tanda tanya juga telah terjawab. Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hilmi Aminuddin membenarkan nama Bunda Putri adalah “Non Saputri”. Hal itu diungkapkan Hilmi ketika bersaksi dalam sidang kasus dugaan suap pengaturan kuota impor daging sapi dan pencucian uang dengan terdakwa mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (21/10/2013).
Kesaksian lain dari Hilmi, Bunda Putri adalah seorang pengusaha senior di Jawa Barat. Hilmi mengakui Bunda Putri sering ke rumahnya di Lembang untuk konsultasi masalah keagamaan. Hilmi jugalah yang awalnya mengenalkan Bunda Putri dengan Luthfi Hasan. Menurut Hilmi, Bunda Putri suka menceritakan banyak hal kepadanya, termasuk reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu (Kompas, 22/10/2013). Di sisi lain, banyak pejabat yang pernah dekat dengan Bunda Putri. Entah benar atau tidak, tapi kabar ini sangat deras mengalir di media massa.
Ada yang pula sejumlah pejabat mengaitkan Bunda Putri dengan perusahaan minyak dan gas milik Malaysia, Petronas. Di antaranya Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro yang mengakui pernah foto bersama Bunda Putri. Purnomo menjelaskan, foto itu diambil 8-10 tahun lalu ketika dia menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Purnomo tak hanya berfoto berdua, tetapi bersama dua orang lainnya, yaitu pendiri Petronas, Tan Sri Azizan, dan seorang lainnya yang tak diingat oleh Purnomo.  Purnomo mengaku tak kenal persis siapa Bunda. Saat itu ia mengira Bunda Putri adalah salah satu perwakilan dari Petronas.
Hal senada disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa. Dia mengaku tahu Bunda Putri sebagai pihak dari Petronas. Bahkan, besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu mengira Bunda Putri adalah warga negara Malaysia.
Masih cerita Faisal Basri. Menurutnya, Bunda Putri yang memiliki rumah di Pondok Indah itu punya relasi yang luas dari kalangan pengusaha ataupun pejabat. Bunda Putri adalah pengusaha pupuk di Kalimantan. Setidaknya, hal ini juga terlihat dari foto Bunda Putri dengan sejumlah pejabat. Wanita berambut pendek ini tampaknya sering hadir pada banyak acara yang dihadiri pejabat negeri ini.
Dia juga pernah foto bersama Sekretaris Kabinet Dipo Alam, meski Dipo Alam mengaku tidak kenal. Ia juga foto bersama mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alfian Mallarangeng, Menteri Pertanian Suswono, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan; mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM, Agum Gumelar, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis dan mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso. Sama seperti Dipo, Sutiyoso juga mengaku tak kenal dengan Bunda Putri.
Sementara itu, dalam rekaman pembicaraan telepon antara Luthfi dan Bunda Putri yang pernah diputar di persidangan, Luthfi menyatakan bahwa Bunda dapat mengondisikan para pengambil keputusan. Dalam kesaksian di sidang, Luthfi juga menyatakan bahwa Bunda dapat menjadi penghubung antar-dewan pembina partai (Tempo, 22/10/2013). Sensasi yang didesain berkedok Bunda Putri memang luar biasa. Menghanyutkan dan mematikan. Akan tetapi, yang terpenting saat ini adalah menuntaskan polemik atas misteri Bunda Putri tersebut.
Membongkar
Di saat eskalasi politik mendekati 2014, banyak musuh politik menyerang Partai Demokrat semakin deras, banyak sekali fenomena “politik ngebom” yang ingin mengguncangkan partai bintang mercy tersebut. Entah hanya sekadar konspirasi, dinamika politik, atau bahkan “bom politik” yang ingin menghancurkan Demokrat dan SBY.
Terlepas dari hubungan Bunda Putri dengan para pejabat, solusi atas misteri adalah membongkar misteri ini. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, membongkar dengan mempertimbangkan aspek politik agar tidak terjadi salah paham dalam memaknai fenomena Bunda Putri. Kedua, sebagai sentral masalah, seharusnya SBY tegas dan mengambil “langkah revolusioner” membongkar Bunda Putri. Pasalnya, sosok Bunda Putri seolah menjadi misteri karena wanita itu tak pernah muncul di publik. Walau demikian, publik bisa mengenal sosok Bunda Putri dari dunia maya dan dari keterangan-keterangan tentangnya dari Hilmi, Luthfi, Hatta, Faisal, dan sejumlah pejabat negeri ini.
Ketiga, dalam hal ini Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) harus tegas menuntaskannya. Mengapa demikian? Meskipun Polri  sudah mendapat identitas Bunda Putri, namun tindakan revolusioner belum juga nampak di permukaan. Seharusnya, penyelidikan Polri harus tegas dan tidak menjadikan masalah ini berlarut-larut. Memang benar,penyelidikan Polri bersifat intelijen tersebut hanya untuk dilaporkan kepada Presiden dan lembaga negara terkait. Tapi, bukan berarti Polri tidak menjadikannya sebagai masalah hukum, meskipun penyelidikan Bunda Putri bukan ranah hukum, tapi seharusnya Polri bersinergi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jaksa KPK, Hakim, dan penegak hukum lainnya untuk segera menuntaskan polemik Bunda Putri.
Ketiga, perlu peran lembaga lain, seperti KPK. Mengapa? Karena sebenarnya KPK telah mengetahui sosok di balik nama Bunda Putri tersebut. Pasalnya, KPK-lah yang menyelidiki kasus tersebut sejak awal hingga akhirnya Ridwa Hakim, anak Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera mengungkap sosok Bunda Putri di pengadilan.  KPK pasti tahu siapa itu Bunda Putri, karena mereka punya rekaman penyadapannya. Maka, KPK juga berperan menuntaskan misteri Bunda Putri.
Keempat, inti dari masalah ini adalah pada ketegasan pemerintah. Dan sebagai masyarakat cerdas, seharusnya kita selektif dan menyikapi isu Bunda Putri ini sebagai “politik ngebom” saja. Kita harus menyikapi dengan arif dan tak perlu terbawa, terprovokasi dari pengaruh media massa. Artinya, yang bertugas menuntaskan masalah ini tidaklah masyarakat, akan tetapi pemerintah. Jika pemerintah, lembaga hukum, dan terutama SBY tidak segera menyelesaikan masalah ini, penulis yakin polemik ini akan berlarut-larut mengganggu kinerja pemerintah dan stabilitas nasional. Lalu, tunggu apa lagi? Sudah saatnya pemerintah menuntaskan polemik Bunda Putri sekarang juga!
Tulisan ini dimuat di Koran Pagi Wawasan, 26 Oktober 2013
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Membongkar Misteri Bunda Putri Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda