Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Tuesday 1 July 2014

Contoh Usulan Judul Skripsi Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang



      KEMENTERIAN AGAMA
         INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG
      FAKULTAS TARBIYAH
JL. Prof. Dr. Hamka (Kampus II) Ngaliyan Semarang
Telp. 024-7601295 Fax. 7615387



USULAN JUDUL SKRIPSI

Nama Lengkap Mahasiswa : Hamidulloh Ibda
Nomor Induk Mahasiswa    : 083911070
Jurusan/Program Study      : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)          
 Latar Belakang:
Pendidikan bagi umat manusia merupakan kebutuhan mutlak, yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan, mustahil suatu kelompok manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan aspirasi (cita-cita) untuk maju, sejahtera dan bahagia menurut konsep pandangan hidup mereka. Pada setiap kegiatan pendidikan formal, pelajaran akidah akhlak selalu diajarkan, hal ini menunjukkan bahwa akidah akhlak merupakan mata pelajaran yang sangat penting. Karena memiliki fungsi dan tujuan yang sangat bermanfaat bagi peserta didik, sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.
Gagalnya seorang guru mencapai tujuan pengajaran, sejalan dengan kurang maksimalnya guru mengelola kelas. Indikator dari kegagalan itu adalah prestasi belajar siswa rendah, tidak sesuai dengan standar atau batas ukuran yang telah ditentukan. Karena itu pengelolaan kelas merupakan kompetensi guru yang sangat penting dikuasai oleh guru dalam kerangka keberhasilan proses belajar dan mengajar.
Pendidikan Aqidah Akhlak, adalah upaya sadar dan terencana dalam meyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, dan mengimani Allah dan merealisasikannya dalam perilaku. Akhlak mulia dalam kehidupan sehari- hari melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman dan pembiasaan dalam kehidupan masyarakat yang majemuk dalam bidang keagamaan, pendidikan ini juga diarahkan pada peneguhan aqidah di satu sisi dan peningkatan toleransi serta saling menghormati dengan penganut agama lain dalam rangka mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa.
Akidah akhlak, merupakan salah satu pelajaran yang menekankan pada perubahan sikap, atau afektif. Karena di dalam materi akidah akhak, diajarkan bagaimana cara menjadi manusia yang mampu memposisikan sebagai manusia. Dengan arti lain adalah memanusiakan manusia. Hal ini pararel dan seirama dengan harapan Kementrian Pendidikan nasional, yaitu penanaman pendidikan karater pada anak usia dini atau di bangku sekolah dasar.
MI Himmatul Muta’allimin Dukuhseti Pati, merupakan lembaga pendidikan di kabupaten pati yang sudah menerapkan Model Pembelajaran Card Short. Dengan tujuan agar mata pelajaran Aqidah Akhlak sebenarnya sudah cukup efektif. Tapi bila seorang guru harus ceramah terus maka siswa cenderung pasif apalagi jika dalam satu kelas terdiri lebih dari dua puluh empat siswa maka metode ceramah dirasa menjadi kurang efektif. Belum lagi jika seorang guru mempunyai suara yang kurang keras maka bagi siswa yang duduk di belakang mungkin tidak mendengar apa yang telah dijelaskan oleh guru.
Selain itu dalam hal pengelolaan kelas akan mengalami kesulitan. Untuk mengatasi hal tersebut seorang guru dapat menggunakan metode potongan- potongan kertas (Card Short) yang berisi materi kemudian siswa disuruh mengurutkan sehingga menjadi sebuah konsep yang tepat. Sehingga guru lebih mudah untuk mengelola kelas. Selain itu juga metode ini dapat dikatakan menjadi efisien karena materi pelajaran akan menjadi lebih cepat untuk dapat diselesaikan.
Rumusan Masalah:
Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Card Short pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi pokok kalimat Thayyibah (assalaamu’alaikum) di kelas IV semester 2 MI Himmatul Muta’allimin Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2011-2012?
Rencana Judul:
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI POKOK KALIMAT THOYYIBAH (ASSALAAMU’ALAIKUM) DI KELAS IV SEMESTER 2 MI HIMMATUL MUTA’ALLIMIN DUKUHSETI PATI TAHUN PELAJARAN 2011-2012.
Referensi Utama:
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 1989.
SM, Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan), Semarang: RaSAIL Media Group, 2008.
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi
Pustaka, 2007.
Widodo. Amd. Dkk, Kamus Ilmiah Populer. Jogjakarta: Absolut.

PERSETUJUAN

Pembimbing I  : H. Nasirudin, M.Ag
Pembimbing II : H. Mursid, M.Ag


                             Ketua Program Studi




            Fakrur Rozi, M. Ag
    NIP: 19691220 199503 1 001






Semarang, 21 September 2011
Pengusul,




Hamidulloh Ibda
NIM: 083911070

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Usulan Judul Skripsi Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda