Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Tuesday 1 July 2014

Artikel Toleransi



Seharusnya, ruh dan pesan perdamaian sejarah bangsa ini bisa hadir dalam setiap aktivitas sosial kita sehari-hari. Jika selama ini banyak perang antar warga, intoleransi, dan pertikaian, hal itu terjadi karena masyarakat belum mampu mengamalkan spiriti dan ruh sejarah dengan sepenuh hati. Kenapa demikian? karena implementasi konsep perdamaian hanya menjadi teori belaka. Padahal, foundhing fathers bangsa ini sudah mengamanatkan perdamaian kepada kita semua.

Jika masyarakat melakukan perselisihan, baik terkait masalah sosial, agama, dan ideologi, berarti sama saja mereka “mencederai” cita-cita para pendiri bangsa. Karena itu, pelaksanaan spirit sejarah jangan sekadar wacana dan setengah hati. Jika perdamaian, kerukunan, dan kebersamaan hanya menjadi teori belaka, maka harapan hidup damai pasti menjadi “mimpi.”

Karena itu, sejak dini mahasiswa harus “membumikan” ruh dan spirit sejarah yang memberi pesan perdamaian dan kebersamaan kepada masyarakat. Intinya, perdamaian yes dan pertikaian no,  karena itulah cita-cita masyarakat dan foundhing fathers. Teori kerukunan dan konsep perdamaian harus dilakukan secara kaffah dan tidak setengah hati. Dengan demikian, terciptanya masyarakat adil makmur, damai, dan tentram bukan hanya mimpi, tapi akan menjadi kenyataan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Artikel Toleransi Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda