Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Sunday 6 November 2022

Review Jurnal Literasi Baru dan Revolusi Industri 4.0


Oleh Eka Amilatul Chasanah

Judul : Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah DalamMenjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0

Jurnal: Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE)

Edisi: Vol 1 Edisi 1 Tahun 2018

Penulis: Hamidulloh Ibda

Url: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jrtie/article/view/1064 

Akreditasi: Sinta 4 

Penerbit: IAIN Pontianak

DESKRIPSI

Artikel ini adalah hasil penelitian lapangan yang membahas tentang tantangan dan peluang Pendidikan Dasar di era Revolusi Industri (4.0). penguatan literasi baru pada guru Pendidikan Dasar sebagai kunci perubahan, revitalisasi kurikulum berbasis literasi dan penguatan peran guru yang memiliki kompetensi digital. Guru berperan  membangun generasi berkompetensi, bekarakter mempunyai, mempunyai kemampuan literasi baru, dan keterampilan berfikir tingkat tinggi. Sebabagi dasar penentu intelektual, spiritual, dan emosional pada anak,harus mampu memperkuat literasi abad 21. Pendidik Pendidikan dasar harus menjadi guru digital, paham komputer, dan bebas dari penyakit akademis. 

INTERPRETASI

Menurut saya, peneliti ini mengharuskan guru pada Pendidikan dasar untuk mengikuti perkembangan jaman di era 4.0 dimana di era 4.0 perkembangan digital yang sangat cepat, sebagai seorang pendidik seharusnya mengikuti perkembangan jaman dengan paham bagaimana cara mengaplikasikan komputer. Alasannya agar dapat melakukan perubahan revitalisasi kurikulum berbasis literasi dan penguatan peran guru yang harus mempunnyai kompetensi digital.  Menurut Elizabeth Sulzby ( 1986 ) literasi adalah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi membaca, berbicara, menyimak dan menulis dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Menurut Alberta, literasi ialah kemampuan membaca dan menulis, menambah pengetahuan dan keterampilan, berfikir kritis dalam memcahkan masalah serta kemampuan berkomunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan potensi dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat. Menurut Devri Suhendri ( 2021 ) literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi  jaringan internet dan lain sebagainya.

EVALUASI

Saya setuju dengan artikel ini karena sebagai guru kita harus lebih banyak belajar dan update ilmu supaya tidak tertinggal oleh zaman, dikarenakan di era 4.0 ini juga pemerintah membuat ujian bagi siswa dengan elektronik yang lebih maju.

REKOMENDASI

Pnelitian ini dapat dikembangkan pada penelitian kekurangan dan kelebihannya guru mempelajari digital apalagi masih banyak sekolah khususnya madrasah yang memang masih sangat kekurangan sarana komputer.

 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Review Jurnal Literasi Baru dan Revolusi Industri 4.0 Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda