Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Tuesday 1 November 2022

Review Jurnal Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah


Oleh Hana Rifa Saidiyah

Biodata Artikel

Judul : Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah DalamMenjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0

Jurnal: Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE)

Edisi: Vol 1 Edisi 1 Tahun 2018

Penulis: Hamidulloh Ibda

Url: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jrtie/article/view/1064

 

DESKRIPSI

Artikel yang berjudul “ Penguatan Literasi Baru pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0” menjelaskan tentang peran besar sebuah literasi yang menjadi penggerak para kaum pendidik di era yang serba digital ini. Segala aspek tentu sangat berpengaruh dalam perkembangan zaman. Para guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun guru Sekolah Dasar (SD) tentu sangat membutuhkan kemampuan dalam berliterasi. Hal ini tentu menjadi tantangan di era revolusi 4.0. Semua hal dilakukan serba digital dan ditakutkan profesi dan lapangan kerja juga tergantikan mesin kecerdasan buatan atau robot.  Seorang guru sebagai pendidik tentu diharuskan untuk semakin mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Dalam hal pembelajaran pun sudah berganti dengan metode online dan sudah seharusnya di era seperti ini perlu adanya kesadaran penuh mengenai pentinya sebuah literasi. Namun dalam perjalanannya juga harus terdapat kerjasama yang baik antar pihak yang terkait, baik dari pendidik dan juga jajaran pemerintahan. Hal ini dilakukan agar kegiatan literasi yang diterapkan dapat selaras dengan tujuan pendidikan.

INTERPRETASI

Menurut saya, pemaparan mengenai artikel ini sangat berguna bagi seluruh pendidik di Indonesia. Bagaimanapun juga, tantanga zaman dari hari ke hari terus meningkat. Di era seperti saat ini, seorang anak kecil pun mampu mengakses sebuah informasi di internet meskipun mereka belum mahir membaca. Hal ini tentu membutuhkan peran khusus dari para pendidik untuk dapat mendampingi peserta didiknya agar dapat terarahkan dengan baik. Misalkan dengan mengenalkan pengetahuan melalui e-book maupun secara e-learning. Tentu guru sangat membutuhkan kemahiran dalam memahami teknologi saat ini. Hal – hal yang berkaitan dengan perkembnagan sebuah teknolgi tentu didasari juga oleh kesadaran para pendidik untuk dapat menjawab tantangan revolusi industri 4.0.

EVALUASI

Saya pribadi  sangat setuju dengan apa yang dipaparkan pada artikel ini. Agar seluruh guru di Indonesia mengetahui betapa pentingnya sebuah teknolgi yang terarah untuk dapat mewujudkan cita – cita bangsa dengan membentuk generasi – generasi yang paham akan sebuah literasi ang akan terus menerus berkembang.

REKOMENDASI

Dengan adanya artikel ini sudah sangat membantu para pendidik untuk lebih memiliki progres kedepan dan alangkah lebih baiknya apabila terdapat perkembangan – perkembangan mengenai tata cara berliterasi yang baik agar dapat menjadi panduan bagi seluruh guru di Indonesia terutama di jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Review Jurnal Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda