Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Sunday 12 August 2012

Donor Darah untuk Kemanusiaan


Donor Darah Untuk Kemanusiaan
Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, Semarang dan Direktur Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) IAIN Walisongo, Semarang.
Tulisan ini dimuat di Kompas, edisi 8 April 2012.

Bulan Maret merupakan bulannya warga IAIN Walisongo, Semarang, untuk merayakan Dies Natalis IAIN Walisongo ke 42. Berbagai macam kegiatan sudah digelar sejak tanggal 16 Maret kemarin, dari jalan sehat, lomba porseni, karya ilmiah, bazar buku, dan sebagainya.
Tak ketinggalan Korp Sukarela (KSR) PMI Unit IAIN Walisongo, Semarang, bekerja sama dengan LPM (lembaga pengabdian masyarakat) Semarang dan PMI kota Semarang. Mereka mengadakan Donor Darah Sukarela pada hari Rabu (28/3) di kampus IAIN Walisongo, Semarang. Acara ini digelar di tiga tempat, yaitu di Poliklinik Kampus I, Gedung N Kampus II, dan di Depan Perpustakaan Kampus III IAIN Walisongo, Semarang.
Untuk menarik sukarelawan, dalam kegiatan ini panitia memberikan souvenir bagi 30 pendonor pertama di masing-masing kampus. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan pengobatan gratis bagi pendonor, dan akan dilakukan uji laboratorium dari darah yang didonorkan.
Selain untuk memperingati dies natalis IAIN, kegiatan ini juga digelar dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Internasional. Dan sebelumnya sudah diinformasikan di media elektronik maupun cetak. Karena acara ini sebagai wujud kepedulian terhadap sesama.
Ketua KSR Unit IAIN Walisongo, Dian Maulana Zuhdi, mengatakan, kegiatan donor darah ini bertujuan untuk membantu sesama tanpa pamrih, dengan mendonorkan darahnya, secara otomatis kesehatan pendonor akan meningkat karena sel darah dalam tubuh mengalami pembaharuan. “Pendonor juga bisa mengetahui kondisi kesehatannya, karena petugas medis juga memeriksa kondisi kesehatan pendonor,” katanya. Dia juga menambahkan, bahwa pihak KSR selalu membantu PMI dalam segala kegiatan sosial, termasuk donor darah.
Peduli Sesama
Dewasa ini, banyak kegiatan kampus yang jarang menyentuh masyarakat. Kegiatan kampus cenderung menyentuh warga kampus saja. Maka dari itu, kegiatan donor darah ini rencananya akan digelar 3 kali dalam tahun ini. Maka dari itu, kerja sama antara KSR, PMI, dan LPM harus diagendakan dalam rangka kepedulian terhadap sesama.
 Pada dasarnya, donor darah bisa dilakukan di pusat donor darah seperti puskesmas, rumah sakit, dan sebagainya. Donor darah merupakan proses dimana pendonor secara sukarela diambil darahnya untuk disimpan di bank darah, dan sewaktu-waktu dapat dipakai pada transfusi darah.
Kegiatan yang berlangsung sekitar empat jam ini, diikuti sekitar 130 lebih pendonor dari elemen kampus dan masyarakat. Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, maka kegiatan ini mengusung tema “Setetes darah anda memberikan harapan orang untuk tetap hidup”, dengan tujuan mengembalikan peran mahasiswa sebagai agen of social change.
Menurut M. Khasanudin, salah satu pendonor, mengatakan, “Kegiatan seperti ini harus sering diagendakan oleh mahasiswa maupun birokrasi kampus, karena sangat bermanfaat bagi pendonor maupun masyarakat yang membutuhkan darah”, katanya. Maka dari itu, hemat penulis, kampus harus sering menfasilitasi kegiatan sosial seperti donor darah ini.
Kegiatan yang digawangi KSR PMI Unit IAIN Walisongo dan LPM Semarang ini, diharapkan dapat menggugah masyarakat kota Semarang untuk menumbuhkan rasa solidaritas ada kepedulian antar sesama, sehingga krisis darah yang terjadi dapat teratasi.
Menurut dr. Indah, salah satu petugas medis donor darah, mengatakan, bagi sukarelawan yang ingin mendonorkan darahnya, harus memenuhi syarat terlebih dahulu, dari usia harus di atas 17 tahun, sehat jasmani dan rohani, minimal memiliki berat badan 45 kg. Selain itu, pendonor juga harus dicek tekanan darah dan memeriksa Hemoglobin (Hb). Setelah pemeriksaan Hb, peserta diperiksa golongan darahnya. Jika semua itu terpenuhi, maka pendonor tersebut dapat mendonorkan darahnya, katanya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Donor Darah untuk Kemanusiaan Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda