Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Sunday 12 August 2012

Kalau Jadi Jangan Sampai Mangkrak


Kalau Jadi Jangan Sampai Mangkrak

Oleh: Hamidulloh Ibda
Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang
Dimuat di Harian Semarang, edisi 28 Februari 2012

Wacana pemerintah terkait pembangunan obyek wisata “Jateng Park” di Semarang perlu kita apresiasi. Karena hal ini nantinya menjadi kebanggaan Wong Jawa Tengah. Namun, ketika pemerintah hanya pintar membangun saja, maka pekerjaan tersebut akan sia-sia dan tiada arti. Apalagi wisata seluas 500 hektar, pastinya memerlukan tenaga lumayan banyak untuk merawatnya.
Sebagus apapun konsep pembangunan wisata tersebut, harus diimbangi dengan pengelolaan secara berkala. Artinya, melihat fenomena wisata yang mangkrak di Jawa Tengah, harus menjadi pelajaran bagi pemerintah untuk konsisten dalam perawatan wisata.
Jika hanya membangun, saya kira semua bisa berjalan ketika ada dananya. Namun, yang lebih penting adalah bagaimana caranya menjaga dan melestarikan wisata tersebut agar tetap rapi dan asri untuk dinikmati masyarakat.
Cukuplah PRPP, Wisata Kebun Binatang Mangkang, dan Tamansari Majapahit yang menjadi korban keteledoran pemerintah. Di samping pintar membangun, pemerintah harus pintar merawatnya juga. Jadi, sejak dini, pemerintah harus konsisten dalam merawat obyek wisata.
Apapun bangunan yang dibangun oleh pemerintah, harus diimbangi dengan perawatan secara intensif. Jadi, mulai sekarang pemerintah harus membuat sistem baru terkait perawatan wisata. Karena sebagus apapun wisata tanpa dirawat dengan baik pasti akan mangkrak, baik perawatan fasilitas, flora, fauna, dan sebagainya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Kalau Jadi Jangan Sampai Mangkrak Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda