Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Sunday 12 August 2012

Pengganti Polisi dan Satpam


Pengganti Polisi dan Satpam
Oleh; Hamidulloh Ibda
Mahasiswa Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang
Tulisan ini dimuat di Kompas, Selasa, 15 Mei 2012

Kampus merupakan gambaran miniatur Negara, selain ada pemerintahan mahasiswa (HMJ, BEM, Senat Mahasiswa), di kampus juga ada petugas keamanan, yaitu resimen mahasiswa (menwa). Layaknya posisi dan satpam, mereka juga berseragam lengkap dengan senjata dan atribut lainnya. Hal inilah yang menjadikan mereka unik dan dianggap “sok jagoan” di kampus.
Keberadaan menwa di kampus sangat bermanfaat sekali bagi warga kampus. Selain sebagai penegak hukum, mereka juga selalu mengawal kegiatan mahasiswa tanpa digaji. Karena itu, menwa sangat dibutuhkan perannya di kampus.
Meskipun sudah ada satpam kampus, namun terkadang sering terjadi tindak kejahatan di kampus. Nah, di sinilah peran menwa sangat dirindukan untuk meminimalisir kejahatan di kampus. Maka dari itu, anggota menwa harus lebih tegas dan maksimal dalam rangka menegakkan keadilan di kampus.
Anggapan “sok jagoan” bukanlah suatu hal yang perlu diperdebatkan. Yang terpenting adalah maksimalisasi peran menwa sebagai pengganti polisi dan satpam di kampus. Mereka harus lebih disiplin, tegas, dan bijaksana dalam menjalankan tugasnya. Dengan demikian, mudah-mudahan kampus akan sepi dari kejahatan dan tindak kriminal. Wallahu a’lam bissawab.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Pengganti Polisi dan Satpam Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda