Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Sunday 12 August 2012

Inspirasi dari Widjajono

Inspirasi dari Widjajono
Oleh: Hamidulloh Ibda
Dimuat di Jurnal Medan, 1 Mei 2012
Meninggalnya almarhum Widjajono Partowidagdo, nampaknya tak ada hal yang spesial untuknya. Selain itu, penghormataan atas jasa beliau hanya terasa sesaat saja. Padahal, banyak pengamat politik dan tokoh akademisi sangat kagum dan mengidolakannya. Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mengaguminya, dan menganggapnya sebagai orang yang memiliki idealisme tinggi terutama dalam pembangunan energi nasional. Hal itu, menurut Presiden, terlihat dari kinerja almarhum selama enam bulan menjabat Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Penilaian itu, disampaikan Presiden seusai melayat jenazah di rumah duka di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/4/2012 ) silam. Presiden datang didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, dan didampingi juga oleh jajaran menteri dan pejabat tinggi negara.

Banyak hal yang bisa diambil dari almarhum Widjajono. Meskipun ia berambut gondrong, namun ia merupakan orang yang memberikan nuansana baru dalam dunia perpolitikan di negeri ini. Selain berambut gondrong, keunikannya semakin bertambah ketika mengetahui hobinya, yaitu mendaki gunung. Hampir semua gunung yang tinggi sudah didakinya, seperti Himalaya, Kilimanjaro, Elbrus dan Kinabalu.

Berjiwa Sosial dan Religius
Meskipun gondrong, ternyata beliau orangnya rajin beribadah. Disela-sela kesibukannya ia selalu meluangkan waktu untuk salat, saat dia di rumah, pasti dia salat berjamaah di Masjid. Demikian yang disampaikan oleh Takmir Masjid di daerahnya di beberapa media cetak minggu kemarin.

Selain religius, ia juga dikenal sebagai orang yang suka menolong, bahkan tak jarang ia sering memberikan bantuan kepada tetangganya yang sedang kesusahan. Meskipun sebagai pejabat Negara, ia tak segan-segan bersosialisasi dan berbaur dengan rakyat biasa. Hal itu terbukti ketika banyak tokoh masyarakat dan pengamat politik angkat bicara di berbagai media. Maka, kita sebagai warga Negara yang baik harus meniru dan meneruskan cita-cita beliau.

Banyak orang menilai Widjajono sebagai salah satu pejabat Negara yang paling rajin dalam beribadah. Hal ini patut dijadikan contoh bagi seluruh pejabat di negeri ini. Jadi, inspirasi ini harus kita gali dan tiru dari beliau, daripada kita meniru orang Barat yang belum tentu jelas idealisme dan kontribusinya untuk bangsa ini.

Integritas Widjajono
Di mata rekan-rekannya, ia merupakan salah satu ilmuwan yang konsisten terhadap ilmunya untuk memperbaiki keadaan. Pada saat pemerintah berencana menaikkan harga BBM yang dipandang merugikan rakyat, ia berani menghadapi politisi dan massa untuk membela kaum yang lemah. Guru Besar bidang Teknik Perminyakan di Institut Teknologi Bandung ini merupakan wajah baru di dunia politik. Ia merupakan lulusan teknik perminyakan ITB tahun 1975 dan Doktor dari Universitas of Southern California, Los Angeles, Amerika Serikat.

Sebelumnya, pria berambut gondrong ini telah lama berkecimpung di dunia perminyakan, ia pernah menjabat sebagai anggota Dewan Energi Nasional serta Penasehat Asosiasi Perusahaan Migas. Selama enam bulan menjabat sebagai wakil menteri ESDM, ia dikenal sebagai sosok yang sederhana dan merakyat. Ia juga dikenal memiliki idelisme tinggi dan memiliki pemikiran brilian dalam pengelolaan energi.

Latar belakangnya sebagai dosen, membuatnya berfikir ilmiah dan kritis dalam setiap merumuskan strategi pembangunan energi. Maka, hal itu mendorongnya untuk selalu aktif dalam membantu menteri dan presiden dalam menyusun kebijakan strategi energi APBN 2012 dan penghematan anggaran Negara dalam rangka menformat pembangunan energi di negeri ini.

Guru besar dari ITB ini, merupakan salah satu menteri yang berusaha konsisten dalam segala hal, termasuk konsisten dalam pemikiran, perkataan, dan perbuatan. Ketika ia bepergian, tak jarang ia selalu naik angkutan umum, hal ini senada dengan anjuran yang dilontarkannya waktu ia menyuruh pengguna kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum. Selain itu, hal yang sangat luar biasa juga dilakukannya ketika mobilnya ia pergunakan sebagai salah satu uji coba pemakaian alat konverter bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) dan alat penghemat BBM buatan Universitas Nasional.

Di mata kalangan DPR, Widjajono dikenal sebagai orang yang jujur, adil, dan bijaksana. Kehadirannya dalam dunia birokrasi sangat membawa dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam kebijakan energi nasional. Pemikiran beliau yang cerdas dan lurus sangat dibutuhkan di negeri ini. Jadi, sebagai warga Negara yang baik, sudah sepatutnya Widjajono menjadi salah satu referensi dan inspirasi yang harus ditiru oleh para pejabat dan masyarakat.

Widjajono selalu memberikan ide cerdas tentang dunia perminyakan. Dalam berbagai kesempatan, ia tak henti-hentinya mengingatkan bangsa ini untuk selalu menghemat energi. Dalam hal ini, ia bermaksud untuk mengentaskan kemiskinan dan keterpurukan bangsa Indonesia, yaitu salah satunya adalah lewat penghematan energi dan BBM.

Yang terpenting bukan hanya mengenang jasa-jasanya. Namun, kita harus meneruskan cita-cita mulai beliau. Karena itu, kekosongan posisi wakil menteri ESDM haruslah diisi orang yang berkompeten dan kredibel dalam segala hal. Paling tidak, penggantinya harus memiliki kompetensi di bidang energi serta memiliki idealisme tinggi seperti almarhum. Maka, sudah seharusnya kita meneruskan cita-cita beliau, dan hal ini harus kita buktikan dengan kerja nyata.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Inspirasi dari Widjajono Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda