Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Sunday 12 August 2012

Tindak Tegas Warnet Mesum


Tindak Tegas Warnet Mesum
Dimuat di Surat Pembaca Suara Merdeka, Senin 30 Juli 2012
Sebagai mahasiswa, saya sering mencari referensi di warnet ketika ada tugas kuliah. Namun, ada beberapa hal yang membuat saya kaget ketika suatu ketika masuk di suatu warnet di Ngaliyan Semarang. Biasanya, saya memilih warnet yang terbuka, karena saya tidak ingin dicurigai melakukan hal yang aneh-aneh oleh petugas warnet. Namun, saat ini penggunaan warnet di beberapa wilayah di Semarang sering disalahgunakan oleh sebagian kalangan, salah satunya di Ngaliyan. Bukannya mencari ilmu pengetahuan atau informasi penting, justru mereka berbuat “mesum”.
Biasanya, perbuatan amoral itu dilakukan di dalam bilik. Agar lebih leluasa, para pelaku mencari warnet yang memasang bilik penyekat tinggi dan bisa dikunci dari dalam. Bahkan, di Ngaliyan ada beberapa warnet yang ada pintunya dan bisa dikunci dari dalam. Sehingga, para pengguna warnet bisa berbuat apa saja di dalam warnet tersebut. Bayangkan saja, saya pernah memergoki dua siswa SMA yang sedang melakukan “mesum” di sebuah warnet di Ngaliyan. Saya kaget, dan akhirnya saya bilang kepada operator warnet, namun operator hanya diam saja dan tidak menghiraukan saya.
Hal ini terkesan memang disengaja oleh petugas warnet. Logikanya, jika warnet tidak membebaskan para pengguna warnet berbuat apa saja, maka warnetnya tidak akan laku. Fenomena ini harus segera ditindak oleh pihak yang berwajib. Artinya, terkesan pihak pemilik warnet dan polisi sudah ada kerjasama agar warnet tersebut tidak dirazia. Lebih parah lagi, pelaku mesum tersebut adalah para pelajar, dari usia SMP, SMA, dan mahasiswa. Sungguh ironis sekali fenomena ini.
Untuk itu, saya berharap pemerinah kota Semarang, kepolisian, melakukan sweeping ke seluruh warnet. Jika tidak ada tindakan tegas dari pihak yang berwajib, maka warnet-warnet nakal akan menjadi “surga” bagi para pelajar untuk melakukan tindakan amoral. Perbuatan ini biasanya dilakukan pelajar di luar jam sekolah. Mereka selalu memilih warnet yang ada bilik penyekatnya, kemudian pintu bilik bisa dikunci dari dalam sehingga cukup aman untuk berbuat mesum. Pada intinya, pihak yang berwajib harus melakukan tindakan tegas kepada warnet mesum, jika tidak, maka sama saja kita meridloi dan menfasilitasi pelajar untuk berbuat mesum. Demikian keluhan saya, semoga ada tanggapan dari pihak yang berwajib.
Pengirim; Hamidulloh Ibda, Mahasiswa IAIN Walisongo Semarang, tinggal di Jl. Ringinsari II/6 Ngaliyan Semarang.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Tindak Tegas Warnet Mesum Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda