Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 20 June 2014

Contoh Refleksi Diri PPL PGSD Unnes



NAMA                  :  WINARNI TITIS BUDIANTI
NIM                       :  1402407019
JURUSAN            :  PGSD SI

Penulis, sebagai praktikan telah melaksanakan salah satu kegiatan PPL 1 yaitu observasi dan orientasi di sekolah / tempat latihan bertempat di SDN 05 Tambakaji, Semarang. Observasi telah dilaksanakan selama dua minggu dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan bersama kelompok terdiri dari tujuh mahasiswa PGSD dan empat mahasiswa PGPJSD.
Kegiatan telah dilaksanakan dengan baik meliputi observasi sekolah, lingkungan sekolah, dan kegiatan pembelajaran di setiap kelas. Berdasarkan kegiatan tersebut, khususnya observasi kelas, praktikan memperoleh menyangkut hal – hal sebagai berikut :
Kekuatan dan kelemahan pembelajaran mapel yang ditekuni
SDN 05 Tambakaji program pengajaran rutin yang dilaksanakan setiap guru disesuaikan tingkat kelas untuk menyiapkan siswanya dalam pembelajaran. Untuk kelas rendah disiapkan buku tugas sekaligus buku kendali untuk mengontrol bimbingan orang tua pada siswanya. Guru menyampaikan materi dan tugas sesuai rencana.
Sedangkan kelemahanya terletak pada jumlah siswa yang terlalu banyak dalam setiap kelas mengakibatkan kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif. Guru banyak yang mengalami kesulitan dalam mengkondisikan siswa. hal ini mengakibatkan banyaknya siswa yang kurang diperhatikan guru.

Ketersediaan sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah maupun di kelas yang berkaitan dengan proses pembelajaran secara umum sudah cukup baik. Terlihat dari kondisi bangunan yang masih kokoh dan baik serta keadaan bangku yang memadai. Hanya saja bangku siswa masih banyak yang berupa bangku panjang sehingga sulit diatur ketika pembelajaran kelompok. Selain itu terdapat buku mata pelajaran dari kelas dengan jumlah cukup dan beberapa media pembelajaran baik yang disediakan sekolah maupun yang dibuat siswa. Di setiap kelas terdapat tempat portofolio yang digunakan untuk meletakan tugas – tugas siswa. Adanya sarana prasarana tersebut sangat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Kualitas guru pamong dan dosen pembimbing
Dalam kegiatan observasi, guru pamong dan dosen pembimbing mempunyai peran yang sangat penting. Kualitas guru pamong cukup baik. Dalam proses pembelajaran, guru pamong dapat menyampaikan materi dengan baik melalui berbagai model, dapat mengatasi siswa – siswa yang membuat masalah di kelas, dan melakukan pendekatan dengan siswa. terhadap praktikan, guru pamong senantiasa memberikan saran – saran dan nasihat yang berguna untuk pelaksanaan mengajar nantinya. Begitu pula dengan kualitas dosen pembimbing yaitu Pak Aris Mujiyono yang tidak diragukan lagi karena Beliau juga merupakan penjamin mutu PGSD sehingga telah berpengalaman dalam keguatan PPL. Beliau juga senantiasa memberikan petunjuk dan motivasi pada praktikan dalam pelaksanaan PPL 1 sampai pembuatan laporan.
Kualitas pembelajaran di sekolah latihan
Kualitas pembelajaran di SDN 05 Tambakaji secara umum sudah cukup baik. Meskipun cara pembelajaran masih banyak yang menghunakan metode konvensional namun materi dapat tersampaikan dengan cukup baik pada siswa. Terdapat beberapa guru yang telah menggunakan pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran berlangsung menyenangkan. Tersedianya buku pelajaran sangat membenatu proses pembelajaran sehingga materi dapat tersampaikan dengan baik meskipun media dan metode yang digunakan guru masih sederhana. Kekuranganya adalah tidak adanya rencana pengajaran dalam bentuk RPP.

Kemampuan diri praktikan
Sebelum melaksanakan PPL praktikan telah menempuh berbagai mata kuliah umum dan keguruan serta beberapa simulasi dan micro teaching sehingga bekal materi dirasa cukup. Namun masih sangat kurang dari segi pengalaman. Melalui kegiatan observasi inilah praktikan dapat mengamati cara guru dalam mengajar sehingga praktikan mendapatkan cukup pengalaman tentang cara mengajar. Dengan bekal berupa materi, pembelajaran inovatif, dan pengamatan, praktikan merasa mampu untuk melakukan pengajaran di SD tentunya dengan senantiasa belajar dari waktu ke waktu.

Nilai tambah yang diperoleh mahasiswa setelah melaksanakan PPL 1
Setelah melaksanakan PPL 1 praktikan mendapatkan beberapa nolai tambah diantaranya praktikan dapat memahami berbagai administrasi kelas, dapat membandingkan secara langsung pembelajaran yang menyenangkan (inovatif) dan yang tidak menyenangkan (konvensional), mengetahui cara menangani siswa yang membuat masalah di kelas, serta dapat berlatih bersosialisasi dengan lingkungan SD.

Saran dan pengembangan bagi sekolah latihan dan UNNES
Secara umum SDN 05 Tambakaji sudah cukup baik. Saran bagi SDN 05 Tambakaji Semarang yaitu sebaiknya dari segi administrasi sekolah maupun kelas lebih ditingkatkan, setiap guru sebaiknya membuat rencana pengajaran (RPP), serta lebih mengoptimalkan pembelajaran inovatif.
Untuk UNNES sebaiknya lebih memperhatikan dalam hal informasi mengenai PPL 1 sebelum penerjunan PPL sehingga mahasiswa dapat lebih memahami dan mempunyai persiapan yang lebih matang.
Demikian refleksi untuk PPL 1 yang telah penulis laksanakan. Semoga dapat menjadi perhatian dan pertimbangan untuk menjadi lebih baik. Terimakasih.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Refleksi Diri PPL PGSD Unnes Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda