Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 20 June 2014

Contoh Latar Belakang Laporan KKL PGSD Unnes



Dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia, calon pendidik sekolah dasar harus dapat bersikap profesional. Supaya kita dapat mencetak dan menghasilkan calon generasi penerus bangsa yang mampu berperan dan bersaing dengan bangsa lain di era globalisasi ini. Seorang calon guru sekolah dasar harus mampu dan profesional dalam melaksanakan tugas, baik dalam memanajerisasi maupun malaksanakan tugas pembelajaran.
Untuk memenuhi tuntutan tersebut, Universitas Negeri Semarang telah berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang harus didapatkan oleh seorang mahasiswa calon guru sekolah dasar melalui beberapa kegiatan, dan kegiatan awal yang dilakukan adalah KKL ( Kuliah Kerja Lapangan ).
Kuliah Kerja Lapangan ( KKL ) adalah serangkaian kegiatan yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk dapat mengenal lingkungan sekolah dasar secara langsung, baik lingkungan fisik, non fisik, serta pola tingkah laku dalam pembelajaran dan peran serta masyarakat. Kegiatan KKL dilaksanakan melalui beberapa metode diantaranya wawancara, observasi, diskusi, dan dokumentasi.
Ada lima elemen khusus yang dipelajari dalam kegiatan KKL yaitu manajemen berbasis sekolah ( MBS ), peran serta masyarakat ( PSM ), penerapan pembelajaran inovatif (PAKEM), muatan lokal (MULOK) dan bimbingan konseling (BK)
Guna menggali pengetahuan tentang tiga hal tersebut mahasiswa PGSD FIP UNNES mengadakan Kuliah Kerja Lapangan ( KKL ) ke SD percontohan yang ada di kota Denpasar, propinsi Bali. Setelah mengunjungi SD DWI DJENDRA mahasiswa diharapkan mampu mengambil ilmu yang nantinya dapat diterapkan di SD tempat mahasiswa mengajar sehingga dapat mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan konsep, teori, dan pengetahuan dalam pembelajaran.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Latar Belakang Laporan KKL PGSD Unnes Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda