Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 20 June 2014

Lembar Observasi MBS di SD



LEMBAR OBSERVASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
DI SD KETEWEL 1

PROGRAM PENGAJARAN
No.
Aspek yang diamati
Keadaan
Ada
Tidak ada
1.
Rencana program pengajaran
Ö

2.
Jadwal pengajaran
Ö

3.
Jadwal pelajaran tiap kelas
Ö

4.
Rencana program evaluasi
Ö

5.
Daftar evaluasi belajar (EBTA)
Ö

6.
Daftar penyerahan STTB
Ö

7.
Rrekapitulasi kenaikan kelas
Ö

8.
Hubungan kemasyarakatan
Ö


Deskripsi Hasil Pengamatan
a.       Sebelum melaksanakan pembelajaran guru-guru di SD Ketewel 01, mempersiapkan rencana program pengajaran terlebih dahulu ( RPP ) supaya guru mengetahui arah, cara dan tujuan pembelajaran. RPP dibuat bersama-sama dalam kelompok kerja guru se-Kecamatan, setiap guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru membuat RPP 1 mata pelajaran sesuai kelas yang diampu. Kemudian, RPP tersebut dikumpulkan,  diperbanyak lalu dibagikan kepada setiap anggota kelompok kerja guru tersebut. Sehingga, dalam mengajar guru tidak perlu membuat RPP setiap hari, karena guru telah mempunyai dokumen RPP sesuai dengan kelas yang diampu.
b.      Jadwal pengajaran guru di SD Ketewel 01 di buat berdasarkan surat keputusan dari Kepala Sekolah. Setiap minggu guru mengajar 28 jam. Guru di SD Ketewel 01 mempunyai fungsi rangkap selain menjadi guru kelas, guru juga merangkap mengajar kelas lain. Namun, khusus pada mata pelajaran tertentu. Misalnya, Ibu Ketut sebagai sebagai guru yang mengampu kelas V, tetapi Ibu ketut juga mengajar mata pelajaran IPA di kelas IV. Hal ini terjadi, karena sekolah kekurangan tenaga pengajar.
c.       Untuk melaksanakan pembelajaran, sekolah membuat jadwal pelajaran tiap kelas. Jadwal dibuat oleh sekolah berdasar rapat antara guru dan kepala sekolah. Jadwal dipajang di setiap kelas. Jadwal pelajaran di SD Ketewel 01, di mulai pada pukul 07.30 WIT. Setiap satu jam pelajaran berlangsung selama 35 menit.
d.      Rencana program evaluasi di buat oleh guru, rencana program evaluasi di sertakan dalam RPP yang telah dibuat oleh guru. Rencana program evaluasi setiap semesternya berupa tes sumatif yang dibuat di kecamatan.
e.       Daftar evaluasi belajar di SD Ketewel 01 dipajang  di ruang kepala sekolah. Daftar evaluasi belajar memuat nilai ujian nasional dan ujian sekolah kelas VI setiap tahun.
f.       Daftar penyerahan STTB berupa buku nama siswa yang telah mendapatkan STTB beserta tandatangan siswa sebagai bukti penerimaan STTB. Daftar penyerahan STTB disimpan di ruangan kepala sekolah.
g.      Setiap tahun ajaran baru, SD Ketewel 01 merekap siswa yang naik kelas atau tidak. Data rekapitulasi kenaikan kelas dimuat dalam sebuah buku khusus. Dari data, kelas I yang tinggal kelas berjumlah 2 orang, 1siswa dan 1 siswi. kelas II yang tinggal kelas berjumlah 2 orang, 1 siswa dan 1 siswi. Kelas III yang tinggal kelas berjumlah 2 orang, 1 siswa dan 1 siswi. Kelas IV yang tinggal kelas berjumlah 1 orang yaitu 1 siswa. Kelas V tidak ada yang tinggal kelas.
h.      Sekolah merupakan bagian yang tak terpisahan dari masyarakat. Hubungan timbal balik antara sekolah dan masyarakat harus diciptakan dan dilaksanakan agar meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga masyarakat dapat bertanggung jawab secara tidak langsung dalam pendidikan. Hubungan SD Ketewel 01 dengan masyarakat terjalin dengan baik, hal ini terbukti dengan banyak kegiatan sekolah yang melibatkan pihak masyarakat. Misalnya rapat tahunan antara sekolah dan orang tua siswa, pengambilan rapor tiap semester oleh orang tua siswa, orang tua siswa membayar iuran dana untuk pengembangan diri siswa misalnya pihak sekolah mengadakan ekstra olahraga karate dari pihak orang tua siswa mengumpulkan dana untuk membayar pelatih karate tersebut. Piha masyarakat juga berperan serta dalam pengambilan keputusan, misalnya sekolah mengajukan gagasan untuk membangun laboratorium, dari pihak sekolah harus melibatkan komite sekolah dalam pengambilan keputusan apakah disetujui atau tidak.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Lembar Observasi MBS di SD Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda