Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 20 June 2014

Contoh Penulisan Refleksi Diri dalam Laporan PPL PGSD Unnes



REFLEKSI DIRI

Nama   : Cici Indriyani
NIM    : 1402407025   
Jurusan  :Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1

Kekuatan dan Kelemahan Pembelajaran IPS
Pengertian IPS adalah bidang studi yang mempelajari dan menelaah serta menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat ditinjau dari berbagai aspek kehidupan secara terpadu, sedangkan pengertian ilmu sosial adalah semua bidang ilmu yang berkenaan dengan manusia dalam konteks sosialnya atau semua bidang ilmu yang mempelajari manusia sebagai anggota masyarakat.
Pembelajaran IPS diajarkan di SD yang merupakan pembelajaran yang berhubungan dengan hidup bermasyarakat dan terkait dengan adat dan realita kehidupan di lingkungan siswa sehingga pembelajaran mudah diterima oleh peserta didik. Dengan tujuan  yaitu untuk membentuk warga negara yang berkemampuan sosial dan yakin akan kehidupannya sendiri di tengah-tengah kekuatan fisik dan sosial, yang pada gilirannya akan menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Sedangkan ilmu sosial bertujuan menciptakan tenaga ahli pada bidang ilmu sosial.
Kelemahan pembelajaran IPS terletak pada bahan kajian  yang sangat luas, materi pembeljaran IPS sangat monoton sehingga memungkinkan peserta didik pasif dalam pembelajaran.Pembelajaran IPS  juga terkesan mementingkan hafalan sehingga siswa hanya hafal dan kadang tidak paham. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satu bidang studi yang rumit, karena ruang lingkupnya sangat luas dan merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial, seperti geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi, dan antropologi. IPS memfokuskan perhatiannya pada peranan manusia dalam masyarakat terutama dalam situasi global saat ini. Untuk itu seorang guru  sebagai praktisi melaksanakan kegiatan, yaitu dengan cara menggunakan srategi pengajaran konsep untuk membantu kelancaran pada setiap tindakan pembelajaran, sehingga  permasalahan tersebut dapat teratasi.
Ketersediaan sarana dan prasarana
Pada dasarnya ketersediaan sarana dan prasarana yang ada di sekolah secara umum telah memadai, namun untuk pembelajaran IPS yang lebih dibutuhkan adalah cara bersosialisasi yang baik dengan lingkungan sekitar, selain itu pemahaman siswa tentang materi sangat dibutuhkan. Dalam pembelajaran IPS akan lebih baik bila peserta didik diajak untuk fokus ke dalam materi yang akan dipelajari. Di SD Negeri Tambak Aji 05, sarana dan prasarana yang ada untuk pembelajaran IPS cukup baik, tetapi masih diperlukan peningkatan dan perawatan serta penggunaan yang lebih maksimal lagi . Pada umumnya untuk mata pelajaran IPS sarana dan prasarana yang digunakan belum dapat maksimal digunakan. Hal tersebut merupakan  salah satu kendala melaksanakan pembelajaran, sehingga pembelajaran belum berjalan dengan maksimal.

Kualitas guru mitra dan dosen pembimbing
Kualitas guru mitra yang ada di SD Tambak Aji 05, saat ini masih ada yang belum memenuhi standar kualifikasi yang ditetapkan.yaitu 4 Orang guru lulusan S1 dan 9 orang guru lulusan D2 Namun demikian mereka sudah berusaha meningkatkan profesionalismenya dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana.Serta mengikuti pelatihan Kelompok Kerja Guru di SD Induk.Para Guru mitra sangat memfasilitasi mahasiswa praktikan terbukti dengan bimbingan mereka mahasiswa praktikan dapat menyusun RPP dengan baik. Guru pamong  juga menjadi  salah satu sumber informasi bagi mahasiswa praktikan.
Sedangkan kualitas dari dosen pembimbing sangat baik, terbukti dengan bimbingan beliau kami banyak mendapatkan wawasan pendidikan yang lebih baik,serta mendaptkan saran – saran yang membangun dan sangat bermanfaat bagi tugas mengajar sehari-hari.

Kualitas pembelajaran disekolah mitra
Kualitas pembelajaran di SD Tambak Aji 05 cukup baik,Setiap pagi pada saat akan masuk kelas siswa berbaris dan masuk kedalam kelas satu persatu.Hal tersebut menunjukkan kedisiplinan yang ditanamkan pada anak sangat baik.sebelum memulai pelajaran siswa berdoa Asmaul husna terlebih dahulu.Proses belajar mengajarnya juga tergolong bagus.Sebagian Guru sudah dapat membuka pelajaran dengan baik sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran,Guru terampil dalam menjelaskan materi kepada siswa terbukti dalam menyampaikan materi guru tidak melihat buku terus menerus,guru juga sudah menggunakn bahasa ragam baku,Guru memberikan pertanyaan kepada siswa disaat mereka sudah siap serta selalu ada konfirmasi jawaban,Guru dapat memfasilitasi individu,Guru fleksibel dalam menghadapi dinamika kelas.SD Tambak Aji 05 menghasilkan output yang cukup baik terbukti dengan  prestasi yang diraih dan hasil lulusan yang dihasilkan tidak kalah dibanding sekolah lain serta masih tetap menjadi sekolah yang mencetak manusia-manusia terampil yang bermoral. Harapan orang tua, mereka sangat berharap anak-anak mereka menjadi cerdas akal, hati, dan cerdas religius.

Kemampuan diri
Sebagai calon Guru mahasiswa praktikan harus mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta kegiatan  pembelajaran yang PAIKEM (Pembelajaran Aktif  Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan )
 Sehingga Mahasiswa praktikan diwajibkan menguasai 12 keterampilan mengajar, yaitu :
Keterampilan membuka pembelajaran
Keterampilan menjelaskan
Keterampilan mengadakan variasi
Keterampilan memberi penguatan
Keterampilan mengelola kelas
Keterampilan memberi motivasi
Keterampilan memimpin diskusi
Keterampilan bertanya
Keterampilan membimbing kelompok kecil dan individual
Keterampilan menerapkan metode pembelajaran
Keterampilan menggunakan media & sumber pembelajaran
Keterampilan menutup pembelajaran
Untuk mencapai 12 keterampilan tersebut, mahasiswa praktikan harus selalu belajar dari para guru pamong dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Nilai tambah yang diperoleh setelah PPL
Setelah mengikuti PPL, Mahasiswa praktikan yang tadinya hanya mendapatkan materi dalam bangku perkuliahan sekarang mendapatkan pengalaman yang sebenarnya yaitu kegiatan belajar mengajar secara langsung  yang terjadi di SD Tambak Aji 05.Dari hal tersebut mahasiswa praktikan banyak mendapatkan pengalaman yang dapat dijadikan pedoman untuk mengajar di SD nantinya.Dengan PPL ini mahasiswa praktikan dapat memahami karakteristik peserta didik, meningkatkan diri dalam memanajemen dan mengelola pembelajaran,mengetahui administrasi sekolah,menerapkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif, menguasai strategi dan metode pembelajaran, menemukan serta memecahkan permasalahan pendidikan.

Saran pengembangan bagi sekolah mitra dan UNNES
1.         Kepada seluruh komponen SD Tambak Aji 05 hendaknya dapat mempertahankan, atau jika mungkin lebih meningkatkan kredibilitas dan kualitasnya diantara sekolah yang lain.
2.         SD Tambak Aji 05 diharapkan dapat meningkatkan fasilitas belajar yang belum ada seperti Laboratorium SAINS serta lebih merawat  fasilitas yang sudah ada, agar dapat dimanfaatkan lebih baik sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan optimal.
3.         Kepada lembaga UNNES sebagai pencetak calon guru hendaknya lebih selektif sehingga dapat menghasilkan alumni yang bermutu demi perbaikan pembelajaran dan pendididkan pada masa yang akan datang




                                                                                                           

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Penulisan Refleksi Diri dalam Laporan PPL PGSD Unnes Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda