Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 20 June 2014

Refleksi Diri Ketika PPL PGSD Unnes



REFLEKSI DIRI

Nama   : Isnaeni Yuliani
NIM    : 1402407020
Jurusan: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1

Berdasarkan hasil pengamatan selama masa observasi di dalam kelas, maka praktikan dapat menarik beberapa kesimpulan, diantaranya:
Kekuatan dan Kelemahan Pembelajaran
Dari hasil pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri Tambakaji 05 Semarang, praktikan dapat memberikan gambaran umum pembelajaran yangb berlangsung di SD tersebut. Baik dari segi kekuatan maupun kelemahan. Dari segi kekuatan terlihat bahwa pembelajaran yang berlangsung di SD tersebut telah dilakukan sesuai dengan pedoman kurikulum. Persiapan mengajar juga telah dilakukan secara baik oleh masing – masing guru kelas. Guru mampu memberikan motivasi pada siswa sehingga siswa terlihat antusias dalam mengikuti pelajaran. Adapun kelemahan dari pembelajaran yang berlangsung di SD adalah masih kurangnya penerapan pembelajaran inovativ pada masing – masing kelas. Pada umumnya guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional.

Ketersediaan Sarana dan Prasarana
Berbagai fasilitas yang ada di sekolah latihan yaitu SD Negeri Tambakaji 05 Semarang ini cukup memadai dan menunjang terlaksananya proses belajar mengajar di sekolah tersebut. SD Negeri Tambakaji 05 Semarang mempunyai 7 ruang kelas yang kondisi fisiknya cukup baik ddengan berbagai perlengkapan yang ada di dalamnya, ruang perpustakaan dengan koleksi buku-buku dan alat peraga yang cukup lengkap yang dapat dimanfaatkan siswa dan guru sebagai sumber belajar. Selain itu, di SD Negeri Tambakaji 05 Semarang juga terdapat ruang – ruang lain yang turut mendukung pelaksanaan pembelajaran di sekolah tersebut.

Kualitas Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
Dari hasil observasi yang praktikan lakukan terhadap guru pamong terlihat bahwa guru pamong tersebut mempunyai kinerja yang cukup tinggi di dalam mentransferkan pengetahuan kepada siswa-siswanya serta dapat mengkondisikan siswanya tersebut agar dapat secara maksimal menyerap materi yang disampaikannya. Semuanya itu dapat dilakukan dengan baik karena guru pamong yang bersangkutan mempunyai pengalaman, kompetensi dan kreativitas yang cukup baik.
Pengalaman praktikan dalam mengajar masih sangatlah kurang, untuk itu praktikan masih sangat membutuhkan banyak bimbingan, kritik dan saran yang membangun dari guru pamong yang lebih berpengalaman dalam mengajar sehingga praktikan dapat meningkatkan kualitas dalam mengajar. Guru pamong di SD Negeri Tambakaji 05 Semarang sangat membantu praktikan dalam mengenalkan dunia keguruan, terutama tentang tugas dan kewajiban seorang guru. Disamping itu beliau juga memberikan tips dan trik mengajar yang efektif dan efisien. Bimbingan tidak hanya dari guru pamong saja melainkan juga dari dosen pembimbing, Drs. Mujiyono, M. Pd. Beliau juga memberikan pengarahan ditengah kesibukan beliau sebagai dosen UNNES.

Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Latihan
Dari hasil observasi yang telah dilakukan terhadap guru pamong dealam melaksanakan proses belajar mengajar, terlihat bahwa kualitas kegiatan pembelajaran disekolah ini sudah cukup baik. Persiapan mengajar telah dilakukan dengan cukup matang. Hal ini dapat terlihat dari cara mengajarkan materi kepada siswa, pemberian motivasi kepada siswa sehingga siswa lebih antusias lagi untuk belajar.

Kemampuan Diri Praktikan
Sebelum dilaksanakannya PPL ini praktikan hanya mengetahui teori-teori saja yang didapat pada waktu kuliah. Namun, setelah adanya PPL ini praktikan mendapat cukup banyak bimbingan dan pengarahan dari guru pamong tentang kondisi atau suasana pembelajaran yang efektif, cara pengelolaan kelas dan cara penyampaian materi agar tidak monoton. Dengan demikian praktikan berharap agar kemampuan praktikan dapat bertambah lebih baik.


Nilai Tambah Yang Diperoleh Mahasiswa Setelah Melakukan PPL 1
Nilai tambah yang diperoleh praktikan setelah melakukan PPL 1 ini sangatlah banyak. Kegiatan PPL 1 ini menjadi suatu pengalaman baru bagi praktikan yang pastinya sangat bermanfaat bagi dalam meningkatkan kualitasnya baik sebagai tenaga pengajar maupun pendidik. Melalui PPL ini praktikan memperoleh banyak pelajaran baru diantaranya mempelajari struktur organisasi sekolah serta tugasnya, mengamati guru pamong dalam mengajar dan cara-cara menghadapi siswa SD yang pada hakikatnya memiliki karakter yang unik dan membutuhkan penanganan yang berbeda – beda berdasarkan keunikan tersebut.

Saran Pengembangan Di Sekolah Latihan dan UNNES
Pada umunya pelaksanaan proses belajar mengajar di SD Negeri Tambakaji 05 Semarang sudah selesai dengan ketentuan dan kurikulum yang berlaku. Namun, dalam bidang administrasi SD Negeri Tambakaji 05 Semarang ini perlu ditingkatkan.
Supaya mahasiswa praktikan dalam melaksanakan latihan pengajarannya dapat berjalan dengan baik, maka dari pihak UNNES khususnya untuk UPT PPL sebaiknya memberikan program latihan microteaching yang lebih banyak dan memberikan pembekalan PPL yang lebih mantap lagi sehingga mahasiswa PPL dapat menjadi guru yang lebih  berkompeten. Koordinasi dengan pihak sekolah latihan sebelum praktikan terjun langsung harus lebih ditingkatkan agar terjalin hubungan yang baik antara UNNES, sekolah latihan dan mahasiswa PPL.

Demikianlah bentuk refleksi diri yang dapat praktikan kerjakan, semoga apa yang telah praktikan tulis dapat menjadi masukan yang bermanfaat khususnya bagi pihak-pihak yang terkait agar untuk PPL yang selanjutnya dapat dilakukan lebih baik dan optimal. Akhir kata praktikan ucapkan terima kasih.



Semarang, 19 Agustus 2010
                                                                                                Praktikan,




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Refleksi Diri Ketika PPL PGSD Unnes Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda