Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 20 June 2014

Contoh Bab I Laporan PPL PGSD Unnes Full



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Tuntutan perkembangan jaman menuntut kita untuk mengadakan renovasi diberbagai bidang, khususnya bidang pendidikan sudah seharusnya bersifat dinamis, inovatif, dan kreatif. Untuk itu perlu didukung kebijakan – kebijakan baru yang mendukung terhadap pembaharuan dan perbaikan dibidang pendidikan.
Pelaksanaan Program Pelaksanaan Lapangan memiliki peranan penting dalam keseluruhan program pendidikan, khususnya bagi kami sebagai calon guru. Dalam program studi PGSD. Program Pelaksanaan Lapangan (PPL) memberikan kesempatan kepada calon guru untuk berlatih secara bertahap dan sistematis dalam mengenal lapangan secara akrab, serta menerapkan segala pengetahuan, keterampilan serta wawasan, sikap dan nilai yang telah dikuasai melalui berbagai mata kuliah ke dalam kegiatan yang sebenarnya.
Universitas negeri semarang dipercaya untuk melaksanakan program PGSD yang diharapkan dapat mencetak tenaga pendidik yang mempunyai kecakapan pedagogis dan moral yang baik. Hal tersebut sangat penting sekali untuk menunjang keberhasilan pendidikan nasional di indonesia.
Universitas negeri semarang sebagai penyelenggara program studi PGSD mengadakan program pengalaman lapangan (PPL) yang terdiri dari PPL I (observasi lapangan) dilanjutkan dengan PPL II (mengajar terbimbing, mengajar mandiri, dan ujian mengajar di SD). Kegiatan PPL I dilaksanakan pada awal semester VII. Hasil observasi pada kegiatan PPL I sebagai pengalaman awal dan bekal untuk kegiatan PPL II. 
B.       Tujuan
Secara umum PPL bertujuan untuk membimbing calon guru untuk menguasai kemampuan pedagogis keguruan. Secara lebih rinci tujuan tersebut adalah :
1.         Mengenal keadaan sebenarnya di SD secara lebih luas
2.         Sebagai pendekatan antara teori yang diterima dengan kenyataan yang ada di lapangan
3.         Mengenal secara langsung kegiatan pembelajaran di sekolah dasar meliputi :
a.         Rencana pembelajaran
b.        Pelaksanaan belajar mengajar
c.         Evaluasi
d.        Tindak lanjut
e.         Pengkondisian kelas

C.      Manfaat
Kegiatan PPL I mempunyai beberapa manfaat untuk calon guru, antara lain :
1.    Dapat membandingkan pengetahuan yang diperoleh selama di perkuliahan dengan kondisi yang nyata di SD
2.    Dapat memperoleh pengalaman langsung dari hasil observasi selama di SD
3.    Mengetahui proses administrasi di SD
4.    Mengetahui administrasi dan ko kurikuler yang ada di SD
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Bab I Laporan PPL PGSD Unnes Full Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda