Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 27 June 2014

Conton BAB 3 Laporan KKL PGSD



BAB III
PENUTUP
A.    SIMPULAN
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa :
1.      Pelaksanaan  PSM (Peran Serta Masyarakat) di SD Saraswati 2 Denpasar sudah baik karena adanya dukungan  kelembagaan masyarakat yang meliputi Komite sekolah,tokoh masyarakat,tokoh agama, tokoh kesenian, dunia usaha,dan alumni.
2.      Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam usaha pengembangan sekolah, pengembangan kurikulum, dan peningkatan mutu pendidikan.
3.      Pelaksanaan MBS di SD Saraswati 2 Denpasar berjalan dengan baik dalam hal organisasi sekolah,proses pembelajaran,sumberdaya dan administrasi.
4.      MBS merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, dengan kewenangan dan kebijaksanaan yang sepenuhnya diberikan kepada kepala sekolah, guru, dan masyarakat termasuk orang tua murid untuk merencanakan dan mengelola urusan sendiri dalam sekolah termasuk keuangan sekolah, proses belajar mengajar yang pakem, para pendidik yang lebih meningkatkan kemampuan dan peran serta masyarakat untuk membantu kemajuan sekolah.
5.      Pembelajaran inovatif di SD Saraswati 2 Denpasar belum berjalan dengan baik. Hal ini karena keterbatasan sumberdaya manusia, sarana dan prasarana.
6.      Mulok wajib antara lain Bahasa Bali, Bahasa Inggris, Budi Pekerti. Mulok Pilihan antara lain Tata Boga (untuk kelas 4 ), Meja Jahitan : seni merangkai sesaji ( untuk kelas 5 ), Menganyam  ( untuk kelas 6 )
7.      Masalah yang pallings ering ditemui di SD Saraswati 2 Denpasar adalah kurangnya disiplin siswa dan guru. Masalah pada siswa adalah membolos sekolah, dan pada guru adalah penyalahgunaan fasilitas sekolah dalam bidang internet.








B.     SARAN
            Dari simpulan diatas disarankan, kepala sekolah diharapkan dalam implementasi program kebijakan di sekolah menjalin kerjasama yang baik dengan komite sekolah dan unsur masyarakat lain dan meningkatkan kerjasamanya untuk mensukseskan program sekolah. Komite sekolah diharapkan lebih meningkatkan sensitivitas terhadap persoalan yang terjadi di masyarakat, guru diharapkan dapat menjalin hubungan dengan paguyuban dengan tujuan meningkatkan mutu pembelajaran.
Selain itu walaupun pelaksanaan MBS di SD Saraswati 2 Denpasar sudah dirasa baik, tapi masih juga ada beberapa hal yang kurang. Maka, kami menyarankan untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Nomor 1 Ubung pada khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya.
Adapun saran – saran tersebut di antaranya :
1.      Senantiasa mempertahankan mutu sekolah dengan menambah metode –metode yang bervariasi melalui kegiatan diklat yang diikuti secara rutin oleh para guru sehingga akan tercipta suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi siswa.
2.      Meningkatkan transparansi sekolah dalam setiap pengambikan kewenangan mengatur dan mengurus sekolah, mengambil keputusan, mengelola setra memimpin dan mengontrol sekolah
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Conton BAB 3 Laporan KKL PGSD Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda