Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 20 June 2014

Contoh Refleksi Diri PPL PGSD Unnes



Refleksi Diri PPL PGSD Unnes
Nama    :               Amalia Dwi Pangestika
NIM       :               1402407017
Jurusan :              Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1

Kekuatan SDN Tambak Aji 05 memiliki 8 kelas yang terdiri dari kelas I, II, III, kelas paralel mulai dari kelas IV(IVA, IVB) dan kelas V(VA, VB) serta kelas VI dan rata-rata tiap satu kelas terdiri dari 40 siswa. SDN Tambak Aji 05 memiliki banyak fasilitas yang mendukung. Selin itu pada saat pembelajaran guru menguasai materi dan dapat mengelola serta mengkondisikan kelas dengan baik sehingga dapat melaksanakan proses belajar dengan kondusif.
Kelemahan SDN Tambak Aji 05 selain ada sebagian guru yang belum menggunakan media dalam melaksanakan pembelajaran melainkan pembelajaran masih bersifat konvensional. Dalam pembelajaran masih bersifat teks book dan konvensinal. Dan juga pemanfaatan media pembelajaran yang masih kurang.
Sarana dan prasarana SDN Tambak Aji 05 Terdapat Ruang Kepala Sekolah, Ruang Dewan Guru, ruang TU, WC Sekolah, Kantin Sekolah, Perpustakaan, lapangan olah raga, papan pengumuman, ruang komputer, kebun sekolah, dapur, rumah dinas penjaga sekolah, disetiap kelas juga terdapat : meja dan kursi (guru dan siswa), almari, papan tulis, kipas angin, papan absensi. Sarana dan prasarana akan sangat berpengaruh dalam keefektifan dalam pembelajaran.
Kualitas guru pamong SDN Tambak Aji 05 sebagian sudah baik. Hal itu terbukti dengan banyaknya penghargaan maupun perlombaan yang dimenangkan siswa SDN Tambak Aji 05. Namun tidak menutup kemungkinan juga ada guru yang kurang berkompetensi.
Dosen pembimbing yang diterjunkan di SDN Tambak Aji 05 merupakan dosen-dosen pilihan dan dosen-dosen yang berkualitas dengan jenjang pendidikan S2. Hal itu terlihat selama mengajar di kampus PGSD, dosen-dosen yang dipilih merupakan dosen yang memiliki kompetensi yang baik dalam pembelajaran saat perkuliahan.
Sebagai praktikan, saya merasa cukup mampu dengan bekal yang diperoleh selama belajar perkuliahan PGSD FIP UNNES. Saya sudah diberi berbagai macam bekal maupun pengalaman di kampus. Meskipun demikian, masih banyak hal yang perlu dipelajari dan dapat diperoleh di sekolah latihan. Saya mendapat banyak pengalaman mengenai kondisi lapangan secara nyata. Saya juga mendapat banyak ilmu dengan melihat guru pamong bagaimana cara mengajar siswa, dan bagaimana cara mengkondisikan siswa, serta berbagai cara untuk membentuk kepribadian yang baik bagi siswa.
Saran pengembangan bagi SDN Tambak Aji 05 yaitu penggunaan media pembelajaran dapat diterapkan dalam penyampaian pembelajaran bagi guru. Guru dapat melaksanakan pembelajaran inovatif. Materi yang diberikan harus sesuai dengan RPP yang ada. Pemanfaatan sarana dan prasarana seperti ruang komputer sebaiknya diaktifkan. Dan meningkatkan kredibilitasi sekolah.

Saran bagi UNNES yaitu Program PPL sebaiknya harus direncanakan lebih matang dan tidak mendadak agar mahasiswa dapat lebih siap apa pada saat penerjunan PPL.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Refleksi Diri PPL PGSD Unnes Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda