Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 20 June 2014

Penerapan Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran di SD



a.      Media Pembelajaran
Dikelas rendah (kelas I) guru juga menggunakan alat peraga dalam kegiatan belajar dan mengajar, alat peraga atau media ini biasanya dari lingkungan sekitar. Akan tetapi penggunaan media atau alat peraga ini masih kurang karena guru tidak membuat media, sehingga pembelajaran sering tidak menggunakan media atau alat peraga. Terkadang guru membawa murid ke laboratorium pada mata pelajaran tertentu, misalnya Bahasa Indonesia dan Sains, tetapi hal ini juga jarang dilakukan karena keterbatasan laboratorium serta laboratorium sering gunakan oleh kelas tinggi.
Pemanfaatan media pembelajaran dikelas tinggi sendiri juga masih kurang. Media pembelajaran jarang digunakan, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, media pembelajaran hanya digunakan pada materi tertentu yang kiranya dapat ditunjang dengan media. Alat peraga pun demikian, menyesuaikan dengan materi, apabila alat peraga bisa digunakan maka pembelajaran akan menggunakan alat peraga.
b.      Evaluasi pembelajaran
Evaluasi pembelajaran yang dilakukan dikelas I, guru kadang melakukan pretest untuk mengualang pelajaran yang telah diajarkan serta post test atau ulangan harian untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran. Selain itu guru juga melakukan penilaian proses untuk menilai tulisan siswa, ketepatan, dan kecepatan siswa. Untuk kelas I sendiri tidak ada program pengayaan, program remidial diberikan ketika ulangan akhir semester untuk membantu memperbaiki nilai siswa.
Evaluasi yang dilakukan guru kelas 5a dalam pembelajaran sangat bagus mulai dari pre test, penilaian proses, pos test, dan penugasan. Guru juga melakukan remidial dan pengayaan.
Evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan guru kelas V B berupa post tes yaitu berupa ulangan harian. Pada ulangan harian bagi siswa yang tidak tuntas diberikan remidial sampai yang dilaksanakan maksimal 2 kali dan terdapat pengayaan bagi siswa yang nilainya sudah baik. Pada kelas V B tidak terdapat pre tes tetapi ada kuis yang diberikan oleh guru saat pembelajaran berlagsung yang tujuannya untuk menghilangkan kejenuhan siswa dengan pembelajaran yang monoton. Penilaian proses diberikan pada saat siswa melakukan diskusi kelompok. Pada mata pelajaran IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia siswa sering melakukan diskusi kelompok.
Sedangkan untuk kelas VI hampir keseluruhan evaluasi telah di laksanakan di SD Saraswati 2 Denpasar. Pre tes biasanya diberikan secara insidental. Demikian pula untuk kuis, sebagaimana kuis diberikan secara insidental pula ketika pembelajaran. Kemudian untuk post test, dilaksanakan pada akhir bab/materi. Sedangkan untuk pengayaan dan remidial, dilaksanakan pada jam tambahan. Sangat disayangkan penilaian proses jarang dilakukan oleh guru, karena kegiatan yang mengacu pada penilaian proses jarang dilakukan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Penerapan Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran di SD Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda