Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 20 June 2014

Penilaian kompetensi guru di SD



Pada kelas rendah sendiri terdapat dua guru dalam satu kelas. Satu guru kelas dan satunya lagi guru bantu. Dua guru ini dimaksudkan agar lebih mudah dalam mengelola kelas. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, guru menguasai materi dengan baik. Guru juga bertanya apakah siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas, jika ada guru akan membantu siswa tersebut secara personal. Seperti kemarin, terdapat siswa yang kesulitan mengerjakan tugas, siswa tersebut diberi kelonggaran waktu untuk menyelesaikan kemudian dibimbing oleh guru bantu.
Selain itu juga melakukan penilaian kompetensi guru  berdasarkan wawancara dengan siswa kelas VIA. Disampaikan oleh para siswa bahwa penguasaan materi bapak ibu guru sangatlah baik. Mereka (Guru) mampu menjelaskan materi dengan baik, serta mampu memberikan solusi apabila siswa mengalami masalah. Selain itu, sebagaimana disampaikan oleh wali kelas, beliau mengakui bahwa guru-guru dapat menjelaskan materi secara mendetail karena pada dasarnya mereka adalah guru bidang studi. Darisitulah yang mendasari kemampuan para guru SD Saraswati 2 untuk memberikan materi secara terperinci dan jelas. Dengan demikian, materi sesuai dengan tingkatan perkembangan siswa dan kompetensi mampu tercapai oleh siswa.
Untuk aspek yang lain, kami belum menemukan apakah aspek tersebut terlaksana secara langsung. Akan tetapi berdasarkan wawancara kami dengan siswa kelas VIA, mereka menjelaskan bahwa kemampuan para guru untuk membuka pelajaran, variasi pembelajaran, serta kemampuan menutup pelajaran masih kurang. Kemudian kami kroscekkan dengan Pak Dewa, beliau pun mengakui kekurangan tersebut. Beliau juga menjelaskan bahwa hal tersebut kadang terlupakan karena mereka(guru) lebih fokus untuk menjelaskan materi dan menyelesaikan masalah siswa.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Penilaian kompetensi guru di SD Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda