Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 20 June 2014

Contoh BAB I Laporan KKL PGSD Unnes



BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Berdasarkan Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003, Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Untuk memajukan bidang pendidikan, pemerintah berusaha mengadakan inovasi-inovasi guna meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan berkaitan erat dangan mutu pembelajaran yang dalam hal ini mutu dan kompetensi guru mempunyai peran yang sangat penting. Oleh karena itu Mata Kuliah Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini diberikan kepada mahasiswa S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Hal ini berkaitan dengan tujan agar seorang guru dapat memahami segala seluk beluk sekolah mulai dari manajemen sekolah, muatan lokal, bimbingan konseling, penerapan pendekatan yang digunakan (paikem) maupun peran serta masyarakat sekitar sekolah.
Kegiatan KKL ini diharapkan dapat mencetak calon guru yang dapat memahami kondisi, perkembangan dan proses belajar peserta didik dengan baik. Sehingga kedepannya Guru dapat mengembangkan bakat dan kreativitas peserta didik semaksimal mungkin.

Tujuan
Observasi penerapan Manajemen Kelas di Sekolah Dasar dilakukan dengan maksud sebagai bahan perbandingan antara teori-teori yang didapat Mahasiswa dibangku kuliah dengan kenyataan yang ada di lapangan, sehingga secara garis besarnya pelaksanaan observasi penerapan Manajemen Kelas di Sekolah Dasar, bertujuan sebagai berikut:
Untuk mendapatkan pengalaman secara nyata dan langsung tentang SD, baik dari segi lingkungan anak didik, pengajar dan lingkungan sekolah.
Untuk memperoleh pengetahuan praktis tentang manajemen sekolah, penerapan pendekatan PAIKEM, muatan lokal di SD,  bimbingan konseling di SD, serta peran serta masyarakat (PSM) di Sekolah Dasar.
Melatih kedisiplinan dan tingkah laku calon guru dengan kehidupan komunitas SD.

Sasaran
Sasaran kegiatan KKL ini adalah :
 Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah
 Pelaksanaan Bimbingan Konseling
 Penerapan pendekatan PAIKEM
 Penerapan Muatan Lokal
 Peran Serta masyarakat

Metode
Dalam observasi ini, penulis memperoleh data dengan menggunakan metode:
Metode Observasi
Metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan langsung dan tidak langsung.
Metode Wawancara
Metode pengumpulan data dengan cara tanya jawab dengan pihak yang terkait dengan data yang diambil.

Rumusan Masalah
Bagaimana pelaksanaan program Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar?
Seperti apa penerapan pendekatan PAIKEM di Sekolah Dasar Ketewel 1?
Bagaimana pelaksanaan Manajemen Sekolah di SD Ketewel 1?
Seperti apa Peran Serta masysrakat di SD Ketewel 1?
Apa saja Muatan Lokal yang ada di SD Ketewel 1?




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh BAB I Laporan KKL PGSD Unnes Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda