Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 20 June 2014

Contoh BAB III Laporan KKL Unnes



PENUTUP
Simpulan
                Dari pembahasan diatas berkaitan dengan MBS, PAKEM, MULOK, BK, dan PSM dapat ditarik beberapa kesimpulan, antara lain :
                MBS merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, dengan kewenangan dan kebijaksanaan yang sepenuhnya diberikan kepada kepala sekolah, guru, dan masyarakat termasuk orang tua murid untuk merencanakan dan mengelola urusan sendiri dalam sekolah termasuk keuangan sekolah, proses belajar mengajar yang pakem, para pendidik yang lebih meningkatkan kemampuan dan peran serta masyarakat untuk membantu kemajuan sekolah.
Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan di SD Dwijendra mengenai penggunaan PAIKEM dalam pembelajaran di kelas dapat diketahui bahwa :
Peran guru sebagai fasilitator, motivator, informator, transformator, transmitor dan oganisator sudah baik, namun peran guru sebagai inovator belum begitu terlihat.
Peran siswa sangat aktif dalam bertanya dan mengemukakan gagasan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang digunakan di sekolah memberikan kemudahan, keleluasaan maupun kebebasan dalam melaksanakan PAKEM dalam pembelajaran.
Strategi pembelajarannya cukup efektif dan pengelolaan kelas cukup baik.
Media pembelajaran yang digunakan adalah media sekolah dan lingkungan siswa,
Evaluasi yang dilaksanakan adalah pre tes, post tes, kuis, penilaian proses, dan pengayaan.
Oleh karena itu, dapat diambil kesimpulan bahwa SD Dwijendra sudah mampu menerapkan pendekatan PAKEM secara efektif dalam proses pembelajaran.
Dalam muatan loakal di SD dwi Djendra itu sendiri memiliki 1muatan lokal wajib yaitu bahasa Bali, dan berkaitan masalah Musik, bahasa jepang, inggris, menari dll itu termasuk di dalam kegiatan ekstrakulikuler yang dilaksanakan rutin setiap hari sabtu. Pelaksanaan muatan lokal di sekolah dilakukan tidak hanya di dalam kelas tapi juga dilkukan diluar kelas sesui dengan kebutuhan. Evaluasi dilakukan oleh guru pada proses pembelajaran dan hasil dari muatan lokal. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran sangat antusias dalam mengikuti setiap pelajaran yang diberikan.Jadi, pembelajaran Mulok di SD Dwijendra dilaksanakan pada jam pembelajaran aktif dan pada jam tambahan (ekstrakurikuler) untuk mengembangkan diri siswa.
                Didalam pelaksanaan bimbingan konseling di SD Dwi Djendra itu sendiri semua sudah berjalan dengan baik. Di dalam pelaksanaanya sudah berjalan dengan maksimal. Tidak hanya guru kelas saja yang melakukan bimbingan, tetapi juga seluruh elemen yang terkait.

                Secara umum, peran serta masyarakat dalam pendidikan sekolah dasar adalah penggunaan jasa pelayanan yang tersedia, memberikan kontribusi dana, bahan dan tenaga, konsultansi, pelayanan, pelakasanan kegiatan yang didelegasikan, dan pengambilan keputusan.
Peran serta masyarakat di SD Dwi Djendra sangat baik juga tercermin dengan dilaksanakannya forum kelas secara rutin pada akhir semester dimana setiap orang tua murid dikumpulkan untuk mengevaluasi hasil belajar putra-putrinya selain itu wali murid juga diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengkritisi kinerja kepala sekolah, guru, dan karyawan bahkan untuk meningkatkan mutu pendidikan kepala sekolah mengambil kebijakan untuk menerima sumbang saran dari orang tua siswa, kebijakan lain yang diambil kepala sekolah adalah tidak adanya penentuan jumlah besarnya sumbangan untuk sekolah ( bersifat fleksibel ) disesuaikan dengan keadaan ekonomi orang tua siswa, bahkan ada juga yang bebas dari sumbangan tersebut apabila tidak mampu.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh BAB III Laporan KKL Unnes Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda