Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 20 June 2014

Contoh Administrasi Keuangan dan Kesiswaan di SD



Administrasi keuangan
Memiliki akuntabilitas
SD Dwijendra mempunyai rasa tanggung jawab dalam mengelola keuangan. Hal ini dikarenakan semua laporan keuangan dari SD Dwijendra harus dilaporkan kepada yayasan, Karena memang SD Dwijendra berada dalam sebuah naungan yayasan
Memiliki kewenangan
Untuk urusan kewenangan dalam mengelola sekolah, di SD Dwijendra mendapatkan kesempatan yang sangat besar kepada sekolah ( terutama kepala sekolah)  di dalam mengelola sekolah secara mandiri.
Memiliki keterbukaan  manajemen
SD Dwijendra dalam keterbukaannya mengenai manajemen, diwujudkan dalam setiap aktifitas yang berhubungan dengan manajemen sekolah dilengkapi dengan laporan sebagai bentuk dari pertanggungjawaban.
Contohnya, dalam pengelolaan dana BOS, maka SD Dwijendra membuat laporan penggunaan dana BOS.
Pelaksanaan  fungsi keuangan yang didesentralisasi ke sekolah
Pengelolaan  dana di SD Dwijendra, harus membuat laporan penggunaan yang nantinya dilaporkan kepada yayasan. Dalam pengadaan BOS, pengelolaan dana BOS dilaksanakan secara mandiri. Banyaknya dana BOS yang diterima sesuai dengan jumlah siswa di SD. Dana BOS dikelola secara intern, dalam hal ini yayasan tidak ikut campur. Pelaporan penggunaan dana BOS langsung dilaporkan ke Dinas.
Administrasi kesiswaan
Berdasarkan observasi yang telah kami lakukan di SD Dwijendra kami menemukan berbagai kelengkapan administrasi pada sekolah tersebut.Dari segi administrasi kesiswaan antara lain :
Buku presensi siswa
Mulai buku presensi harian, bulanan sampai rekap presensi perbulan siswa semua ada.Dan ini di pegang oleh setiap guru kelas masing-masing. Semuanya masih dalam keadaan bagus dan terawat. Selain itu ada hal yang menarik untuk kita perhatikan, di setiap kelas terdapat papan kedatangan yang setiap harinya harus di isi sendiri oleh siswa masing-masing. Selain mengajarkan kedisiplinan pada diri siswa, hal itu juga melatih siswa untuk berbuat jujur. Dalam papan tersebutu tertera gambar jan dan nama dari tiap siswa. Dengan itu pula, guru bisa mengetahui siswa man ayang suka datang awal ataaupun yang suka terlambat.

Buku induk murid
Mengenai biodata lengkap siswa dari tahun pertama,rekap nilai raport dan tentang riwayat orang tua
Daftar nilai
Buku ini di pegang oleh tiap guru masing-masing yang memuat nilai dari masing masing siswa.mulai dari nilai pre tes,post tes,tugas rumah,mid semester  sampai nilai semester dan semua itu direkap menjadi satu dalam buku.
Rapor
Buku rapor siswa terdiri dari dua :
Rapor untuk akademik
Rapor ekstra
Catatan peserta ujian
Mengenai data ini, biasanya ketika menjelang maupun saat ujian. Sekolah selalu melengkapinya.
Tanda peserta Ujian
Ketika siswa akan mengikuti ujian, siswa seslalu di buatkan tanda peserta oleh sekolah.
Sehingga akan terlihat bahwa mereka benar-benar murid dari SD dwijendra
Papan keadaan siswa perkelas
Papan ini terpampang dalam setiap kelas, papan ini menggambarkan jumlah siswa dalam kelas, jenis kelamin, tanggal lahir, orang tua dsb.
Surat keterangan pindah sekolah
Surat ini di keluarkan oleh sekolah apabila ada Siswa yang memutuskan untuk pindah ke sekolah lain. Sehingga surat ini dapat dijadikan pengantar bagi siswa tersebut untuk masuk ke sekolah lainnya.
Surat permohonan pindah sekolah
Biasanya sekolah mengeluarkan surat ini apabila ada anak yang memohon untuk pindah ke sekolah lain. Jadi, sebelum anak tersebut di perkenankan pindah, biasanya sekolah meminta anak maupun orang tua untuk melengkapi data ini. Sehingga srekolah pun nantinya tau apa sebab maupun hal-hal yang berkaitan dengan kepindahan siswa.
Buku mutasi siswa
Tentang siswamasuk awal bulan dan akhir bulan,perhitungan umur dan bulan siswa
Buku pendaftaran murid baru
Dalam penerimaan siswa baru dalam setiap tahun ajaran, sekolah melakukan be berapa seleksi mulai dari tes akademik siswa sampai wawancara orang tua siswa. Semuanya pun di kemas dengan administrasi yang tertata dengan baik dan rapi dalam buku ini. 
Selain itu, berkenaan dengan pelayanan siswa. SD Dwijendra juga selalu melakukan pengembangan, pembinaan,pembimbingan, sampai pada penempatan untuk melanjutkan kSLTP atau jenjang berikutnya. Dan semua itu juga di administrasikan secara cukup baik oleh TU.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Administrasi Keuangan dan Kesiswaan di SD Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda