Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Friday 20 June 2014

Contoh Mulok di Sekolah Dasar



Muatan Lokal
Pelaksanaan pembelajaran Muatan Lokal di SD Dwijendra
SD Dwijendra merupakan sekolah yang berbasis agama yaitu agama Hindu. Sebagian besar dari siswa merupakan pemeluk agama Hindu namun, tidak sedikit juga yang beragama lain seperti Islam dan Kristen. Di SD ini, pendidikan yang dilaksanakan dititik beratkan pada pendidikan karekter yang berdasar pada agama. Jadi, pendidikan utama di SD Dwijendra adalah pendidikan karakter untuk membentuk karakter atau kepribadian siswa. Dasar pendidikan di Sd Dwijendra yaitu iman dan taqwa serta pendidikan kurikulum yang berbasis teknologi terapan. SD Dwijendra merupakan SD swasta yang para siswanya memiliki berbagai latar belakang permasalahan, seperti permasalahan keluarga, IQ rendah, masalah perekonomian lemah. Dengan permasalahan ini SD Dwijendra bersemangat untuk membentuk output yang berkwalitas.
Dalam rangka pembentukan karakter siswa, SD Dwijendra melakukan pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan mata pelajaran Muatan Lokal yang diekstrakan. Pembelajaran Mulok di SD ini dilaksanakan pada jam pelajaran aktif (semua siswa wajib mengikuti) dan jam tambahan (ekstrakurikuler, siswa berhak memilih mulok yang disenangi). Pembelajaran aktif dilaksanakan hari Senin sampai Jumat, sedangkan hari Sabtu untuk pelaksanaan ekstrakurikuler dalam rangka pengembangan diri siswa dari jam 07.00 sampai 09.30. Pelaksanaan sudah terjadwal dengan baik, yaitu selain pada hari-hari efektif, juga ada waktu khusus yaitu pada hari Sabtu. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Mulok ini adalah pembelajaran berbasis media, teknologi terapan dan kontekstual.
Pelaksanaan muatan lokal di sekolah dilakukan tidak hanya di dalam kelas tapi juga dilkukan diluar kelas sesui dengan kebutuhan. Evaluasi dilakukan oleh guru pada proses pembelajaran dan hasil dari muatan lokal. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran sangat antusias dalam mengikuti setiap pelajaran yang diberikan.
Jadi, pembelajaran Mulok di SD Dwijendra dilaksanakan pada jam pembelajaran aktif dan pada jam tambahan (ekstrakurikuler) untuk mengembangkan diri siswa.

A. Macam-macam Muatan LOkal yang dilaksanakan di SD Dwijendra

Ada dua macam Muatan Lokal di SD Dwijendra, yaitu Mulok wajib dari Pemerintah Daerah dan Mulok yang pilihan dari sekolah. Mulok yang wajib dari Pemda Bali adalah Bahasa Bali, sedangkan mulok yang diadakan oleh sekolah antara lain :
Bahasa Jepang
Bahasa inggris
Bahasa mandarin
KTK, yang terdiri dari: menganyam, menggambar, menjahit, menyanyi atau mengkidung dan menari.
Budi pekerti
TIK
Siaran radio

Semua Mulok tersebut dimasukkan pada mata pelajaran dan wajib diikuti oleh semua siswa. Namun, siswa juga diberi kebebasan untuk memilih mulok-mulok tersebut  yang sesuai bakatnya dan mengembangkannya pada kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan setiap hari Sabtu. Pada dasarnya SD memberikan mulok tambahan tersebut disesuaikan dengan daerah Bali yang mana Bali terkenal dengan wisata budaya. Oleh karena itu untuk melestarikan budaya Bali dan untuk memperkenalkan siswa dengan budaya yang ada di Bali siswa diberikan mulok pilihan yang berhubungan dengan kebudayaan. Seperti, menari (tarian Bali), menganyam dari daun janur, mengkidung (menyanyi lagu agama Hindu), dan masih banyak lagi.

b. Pihak yang terkait dalam pelaksanaan Mulok di SD Dwijendra

Yang berperan dalam muatan lokal ini adalah semua yang terlibat dalam pembelajaran. Mulai dari kepala yayasan, kepala sekolah, guru-guru, siswa itu sendiri dan Orang tua. Sedangkan yang menjadi  supervisor dalam pembelajaran Mulok ini adalah ketua yayasan, kepala sekolah, guru, dan orang tua.
Pihak-pihak yang ikut berperan antara lain masyarakat, yang ikut mendorong anak-anak untuk giat dalam belajar. Pendukung muatan lokal sudah ada baik tenaga ahli maupun sarana untuk kegiatan pendukung muatan lokal. Contohnya, di SD Dwijendra yang menggunakan pendidikan berbasis teknologi terapan sudah mempunyai radio pendidikan satu-satunya di Bali.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Mulok di Sekolah Dasar Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda