Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Tuesday 17 June 2014

Contoh Proposal KKN Unnes



PROPOSAL SPONSORSHIP
KULIAH KERJA NYATA (KKN) ALTERNATIF 2011
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
OPTIMALISASI RUMAH PINTAR PAKINTELAN DALAM RANGKA MENYUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH “GEMAR MEMBACA” SEBAGAI PENYALUR MINAT BACA MASYARAKAT DI KELURAHAN PAKINTELAN KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG
LATAR BELAKANG
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat, sebagai sarana pengembangan kehidupan bermasyarakat yang sadar dengan lingkungan. Pelaksanaan KKN diharapkan dapat mengembangkan kemampuan praktis mahasiswa dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan keahlian lain yang telah dipelajari sesuai dengan disiplin ilmu setelah kuliah.
Sejak masa orde baru, pemerintah sudah mencanangkan program gemar membaca, namun hingga kini masih kurang realisasinya. Hal ini dapat dilihat pada minat membaca di beberapa desa masih rendah. Salah satu sebabnya adalah kurangnya fasilitas pendukung. Untuk mensukseskan program pemerintah tersebut pemda telah mengadakan perpustakaan umum yang terbuka untuk seluruh warga daerah dan sekitarnya. Memang pemerintah sudah membangun perpustakaan namun masih dalam tingkat per Kotamadya/Kabupaten. Mengingat luasnya daerah Kotamadya/Kabupaten fungsi perpustakaan itu tidak maksimal, sebab daerah yang jauh dari pusat Kotamadya/Kabupaten sulit untuk menjangkaunya. Maka perlulah dikembangkan layanan perpustakaan berbasis komunitas yang dikelola secara professional pada wilayah desa/kelurahan atau bahkan dukuh agar lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Rumah Pintar merupakan realisasi dari perpustakaan berbasis komunitas.
Rumah Pintar adalah salah satu sarana untuk mendapatkan informasi selain dari perpustakaan dan sumber-sumber informasi lainnya. Rumah Pintar sebenarnya sama dengan perpustakaan-perpustakaan umum, namun bedanya perpustakaan sudah dilengkapi dengan sarana seperti gedung, koleksi, sarana yang sudah memadai serta sudah dikelola dengan tenaga yang memang berasal dari pendidikan yang berpendidikan ilmu perpustakaan sedangkan Rumah Pintar belum memiliki sarana seperti gedung yang permanen, koleksi yang memadai dan masih dalam bentuk swakelola atau dikelola oleh pribadi-pribadi.
Rumah Pintar yang dirintis oleh mahasiswa KKN beberapa tahun sebelumnya belum optimal dalam pengelolaanya. Fasilitas itu pun masih kurang memadai karena terbatas pada buku-buku agama untuk konsumsi masyarakat usia dewasa. Sementara buku-buku untuk genre anak-anak usia sekolah masih sangat terbatas.
Warga usia sekolah tidak semuanya masih bersekolah. Banyak warga yang hanya lulus SD ataupun SMP. Mereka terpaksa melepas masa belajarnya untuk bekerja. Untuk membantu mereka dalam perluasan wawasan dan pengetahuan dipandang perlu dilakukan pengadaan rumah pintar.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa di Kelurahan Pakintelan diperlukan suatu fasilitas pendukung berupa peningkatan layanan perpustakaan berbasis komunitas yang dikelola secara mandiri dan terorganisasi sehingga seluruh warga dapat menjangkaunya serta dapat memanfaatkannya khususnya bagi anak-anak usia sekolah yang memerlukan sumber belajar selain dari sekolah.
Berdasarkan fakta yang dikemukakan di atas, maka Tim berusaha menawarkan suatu solusi yang telah dikomunikasikan lebih awal kepada warga kelurahan Pakintelan yaitu pengaktifan kembali Rumah Pintar dalam rangka menyukseskan program pemerintah. Untuk menarik minat serta mensosialisasikan program rumah pintar tersebut diisi pula dengan kegiatan belajar dan bermain bagi siswa SD. Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk membantu guru-guru dalam meningkatkan pembelajaran di SD terdekat dan kegiatan Madrasah Diniyah dari Kelurahan Pakintelan.
Akhirnya setelah melihat dan memperhatikan berbagai permasalahan di atas dan dalam kesempatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) alternatif kali ini, kami berusaha membantu untuk memberikan solusi alternatif yang komprehensif yang dikemas dalam sebuah program Optimalisasi Rumah pintar dalam Rangka Menyukseskan Program Pemerintah “Gemar Membaca” Sebagai Program Peningkatan Minat Baca Masyarakat di Kelurahan Pakintelan Kecamatan Gunungpati Semarang.
NAMA  dan BENTUK PROGRAM
Program KKN alternatif ini bernama Optimalisasi Rumah Pintar dalam Rangka Menyukseskan Program Pemerintah “Gemar Membaca” Sebagai Penyalur Minat Baca Masyarakat Kelurahan Pakintelan  Kecamatan Gunungpati Semarang
TUJUAN dan TARGET PROGRAM
Tujuan yang ingin dicapai dalam program ini yaitu :
Meningkatkan minat baca masyarakat di Kelurahan Pakintelan Kecamatan Gunungpati, Semarang
Mengaktifkan kembali peran Rumah Pintar di Kelurahan Pakintelan Kecamatan Gunungpati, Semarang
Melatih pemuda Karang Taruna  Kelurahan Pakintelan untuk mengelola Rumah Pintar
Mensosialisasikan Rumah Pintar di Kelurahan Pakintelan.
Target yang ingin dicapai dalam kegiatan KKN Alternatif ini adalah :
Adanya fasilitas pendukung untuk menyalurkan minat baca masyarakat Kelurahan Pakintelan.
Terbentuknya pengelolaan Rumah Pintar Kelurahan Pakintelan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.
Terlatihnya pemuda Karang Taruna dalam mengelola Rumah Pintar Kelurahan Pakintelan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.


PENYELENGGARA
Program KKN alternatif ini diselenggarakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang Semester 7 dari berbagai program Studi.
PELAKSANAAN
Program KKN alternatif ini di selenggarakan pada:
waktu                     : bulan November sampai Desember
tempat   : Kelurahan Pakintelan Kecamatan Gunung Pati, Semarang
SUSUNAN ANGGOTA
(TERLAMPIR)
ESTIMASI DANA
(TERLAMPIR)
METODOLOGI PELAKSANAAN
(TERLAMPIR)
PENUTUP
Demikian proposal kegiatan Optimalisasi Rumah pintar KKN Alternatif 2011 Universitas Negeri Semarang kami sampaikan. Semoga dapat memberikan kebermanfaatan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

HALAMAN PENGESAHAN
USULAN KEGIATAN

Judul Kegiatan      : OPTIMALISASI RUMAH PINTAR DALAM RANGKA MENYUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH “GEMAR MEMBACA” SEBAGAI PENYALUR MINAT BACA MASYARAKAT DI KELURAHAN PAKINTELAN KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG
Ketua Pelaksana Kegiatan   :
Nama lengkap       : Ning Jauharotul Farida
NIM         : 4101408208
Jurusan/Fakultas  : Matematika / FMIPA
Anggota Pelaksana               : 12 Orang
Dosen Pendamping             :
Nama lengkap                       : F. Widhi Mahatmanti S. Si., M. Si.
NIP                                          : 196502101991022001
Waktu Pelaksanaan             : 7 November – 10 Desember
Lokasi Kegiatan                     : Kelurahan Pakintelan Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang
Biaya yang diperlukan         : Rp 4.269.500,00

                                                                                                                                                Semarang,   5 November 2011
Menyetujui,
Kepala Kelurahan Pakintelan                                                                             Ketua Pelaksana KKN,



Pardjoko                                                                                                               Ning Jauharotul Farida
NIP 195601231981011002                                                                              NIM 4101408208

Lampiran
Pelaksaan kegiatan ini dimulai bulan                November sampai Desember 2011. Sebelum pelaksanaan program kerja disusun terlebih dahulu pembagian kerja dan rencana kegiatan selama 6 minggu tersebut. Langkah-langkah tersebut untuk mempermudah koordinasi dan memperlancar jalannya program yang direncanakan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif ini.
Untuk mewujudkan tujuan yang diharapkan, maka perlu dilakukan beberapa kegiatan yang terprogram dan berkesinambungan. Adapun langkah-langkah tersebut adalah
Rencana Kegiatan KKN Alternatif
Tahap Pra Pelaksanaan, meliputi :
Survey dan analisa tempat di Kelurahan Pakintelan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.
Koordinasi dengan pihak yang terkait dalam KKN Alternatif ini.
Penggalangan dana KKN Alternatif dari donatur dan sponsor.
Perencanaan pengaktifan kembali Rumah Pintar di Kelurahan Pakintelan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.
Tahap Pelaksanaan yang berupa :
Penyediaan bahan dan persiapan peralatan untuk pengadaan Rumah Pintar
Sosialisasi program berupa penjelasan dan penyuluhan kembali mengenai pengaktifan Rumah Pintar
Sosialisasi program berupa pemberitahuan akan dilakukan kegiatan belajar sambil bermain.
Pengumpulan buku-buku bacaaan.
Pelaksanaan program belajar sambil bermain terhadap anak-anak usia sekolah.
Sosialisasi program berupa penjelasan dan penyuluhan pengelolaan rumah pintar
Pengkaderan kepada anggota tim pengelolaan rumah pintar

Tahap Pasca Pelaksanaan, yang berupa :
Evaluasi untuk mengetahui sejauh mana manfaat keberadaan rumah pintar bagi masyarakat di Kelurahan Pakintelan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.
Evaluasi untuk mengetahui sejauh mana kinerja pemuda Karang Taruna dalam mengelola rumah pintar demi keberlangsungan rumah pintar tersebut pasca kegiatan KKN Alternatif.
Penyusunan laporan yang dilaksanakan setelah pelaksanaan KKN Alternatif ini selesai.
Pengadaan dan Pengelolaan Rumah pintar
Rumah pintar adalah sebuah rumah alternatif yang menyediakan berbagai bahan bacaan yang cukup beragam. Mulai dari buku-buku pengetahuan, buku-buku pelajaran, buku non-fiksi, komik, novel sampai terbitan berkala. Semua pengunjung bebas memanfaatkan semua koleksi yang ada tanpa harus dipungut biaya sepersen pun. Karena konsepnya memang nonkomersil. Gratis membaca dan bebas memilih buku yang disukainya.
Misi rumah pintar adalah pertama, rumah pintar dapat dijadikan wadah interaksi tempat bertemunya pengunjung untuk menyalurkan minat baca mereka. Kedua, rumah pintar dijadikan pusat informasi bagi mereka yang membutuhkan. Para pengunjung atau anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya, rumah baca bisa dijadikan tempat untuk bertanya. Ketiga, rumah pintar dijadikan tempat untuk menumpahkan segala kreatifitas dalam bentuk karya apapun. Di sini, nantinya bakat anak-anak akan ditemukan dengan sendirinya. Intinya, bebas berkarya tanpa batas. Keempat, rumah pintar juga dijadikan tempat rekreasi yang mendidik. Tidak hanya belajar serius, para pengunjung dan anak-anak juga pastinya membutuhkan hiburan menyenangkan penuh canda. Setiap hari minggu, rumah pintar mengadakan senam dan olahrga bareng dan menggelar nonton bareng. Film-film yang diputar tentu saja pilihan. Temanya lebih banyak pendidikan dan komedi serta film dokumenter. Selain itu, game-game kelompok serta acara sulap menjadi hiburan asyik lainnya yang mendorong pengunjung untuk sering datang.
Keempat misi itu setidaknya bisa meng-cover mutu pendidikan di Indonesia yang secara umum sangat rendah. Karena kurikulum yang selama ini berlaku di sekolah dirasakan belum bisa mengarahkan dan mendidik anak menjadi siswa yang kreatif dan mandiri. Metode pengajaran terlalu teoritis dan kurang bersahabat dengan ilmu pengetahuan.
Rumah pintar dikelola oleh mahasiswa KKN dan pemuda karang taruna yang mempunyai tugas untuk memantau kondisi buku-buku agar tetap terawat. Disini, tim mahasiswa KKN sebagai ”Pustakawan Muda”. Tugasnya sederhana, layaknya tugas pustakawan sungguhan di sebuah perpustakaan. Mulai dari pencatatan, pencapan, pelabelan sampai penjajaran di rak dilakoninya dengan antusias dan kesungguhan.
Selain buku-buku, di Rumah pintar disediakan juga mainan-mainan tradisional dan edukasi yang bermanfaat. Seperti congklak, catur, bola bekel, ular tangga matematika, puzzle dan permainan unik lainnya. Mainan-mainan itu secara tidak langsung dapat menjadi pemicu untuk daya tarik agar anak-anak lebih betah berada di rumah baca. Selain itu, diadakan kreatifias untuk membuat kegiatan tambahan yang menyenangkan. seperti membuat aneka wisata ilmu, seperti wisata baca, wisata hitung, wisata kreatif, wisata dongeng dan wisata sport. Dengan demikian, kemampuan pengunjung dapat diapresiasikan dengan baik. Penjelasan mengenai aneka wisata ilmu sebagai berikut :
Wisata Baca
Pengunjung dapat membaca buku yang disediakan, yang meliputi buku pelajaran untuk usia sekolah, buku fiksi untuk anak-anak, majalah anak untuk anak-anak, tabloid olah raga untuk usia dewasa, surat kabar untuk masyarakat umum, dan harian bisnis untuk masyarakat umum.

Wisata Tulis
Pengunjung dapat menyalurkan ide kreatifnya dalam bentuk tulisan yang dapat berupa cerita, puisi, dan bentuk lainnya. kegiatan wisata tulis ini akan lebih memotivasi pengunjung untuk gemar membaca sebab semakin banyak membaca maka lebih banyak inspirasi yang dituangkan ke dalam karya tulis.
Wisata Hitung
pengunjung diberikan ketrampilan menghitung cepat dan cara belajr praktis melalui alat peraga.
Wisata Dongeng
Dalam kegiatan ini, beberapa pengunjung diminta untuk menceritakan pengalaman menariknya, boleh berasal dari kegiatan atau hasil dari tulisan yang telah mereka tulis dalam wisata tulis. wisata dongeng ini memberikan latihan dan keberanian untuk berbicara di depan umum.
Wisata Kreativitas
Kegiatan yang dilakukan dalam wisata kreativitas ini dimasudkan untuk menggali kreativitas masyarakat, terutama anak usia sekolah, baik dalam bentuk seni maupun prakarnya. adapun kegiatan yang dilakukan antara lain menyanyi, membuat hiasan untuk interior rumah pintar, dan membuat prakarnya.
    Wisata Sports
Pengunjung dapat mengobati kejenuhan dalam kegiatan indoor di dalam rumah pintar dengan mengikuti kegiatan lapangan melalui wisata sports meliputi senam bersama, futsal, dan tenis meja.
Pengelolaan yang utama di rumah pintar  adalah usaha dan kreatifitas dari pengelola rumah pintar untuk menjadikan rumah pintaran yang dikelola bukan hanya sekedar menjadi “tempat membaca dan meminjam” buku tetapi juga menunjukkan kegiatan kreatifitas lain dan menampakkan hasil yang terus meningkat. Kombinasi prestasi kegiatan dan publikasi yang baik akan membawa perkembangan yang gradual pada rumah pintaran sehingga tidak mati. Adanya pembaruan dan peningkatan koleksi buku sehingga pengunjung dan terutama anak-anak tidak bosan dengan koleksi yang itu-itu saja.
Berikutnya adalah menyebarluaskan kegiatan perpustakaan tersebut ke media maupun kenalan pengurus dari rumah pintar sehingga akan menarik donatur. Selanjutnya pengurus dapat mengirimkan proposal ke penerbit, majalah maupun Yayasan-yayasan yang bergerak di bidang perbukuan.

Penanaman Pohon
Dalam wisata sport dapat mencakup wisata alam seperti pengenalan alam kepada anak-anak ataupun masyarakat di kelurahan Pakintelan. Untuk itu dapat diprogramkan program penanaman pohon. Selain mendukung program Unnes Konservasi juga mendukung pelestarian lingkungan. Penanaman pohon di lakukan di kelurahan Pakintelan. Pohon yang di tanam berupa pohon trembesi, pohon mahoni, pohon sengon atau pohon jati ambon.

SPONSORSHIP DAN DONASI
Pengelolaan Rumah Pintar di kelurahan Pakintelan kecamatan Gunung Pati Semarang menawarkan kerjasama kepada instansi atau perusahaan untuk berpartisipasi dengan memberi sponsor pembiayaan,  donator, dan atau menyediakan perlengkapan program dalam bentuk kegiatan sebagai berikut :
Buku
Pohon
Rak buku
Meja
Sponsor Lain-lain
Tim KKN alternatif tidak menutup kemungkinan adanya bentuk sponsor alternatif selain bentuk tertera dalam sponsorship ini. Ketentuan untuk sponsorship bentuk lain dapat dimusyawarahkan bersama antara anggota tim dengan pihak yang berminat.

LEMBAR PENAWARAN KERJASAMA SPONSORSHIP
SPONSOR TUNGGAL
Adalah pihak yang membiayai seluruh biaya kegiatan ini sebesar  Rp 2.969.500, 00     (Dua Juta Sembilan Ratus Enam Puluh Sembilan Ribu Lima Ratus Rupiah). Dengan adanya sponsor tunggal ini maka panitia tidak menerima sponsor lain. Untuk bentuk kerjasama ini fasilitas dan sarana objek yang diberikan diantaranya:
No.
Materi
Ukuran
Jumlah
Space untuk sponsor
1.
Spanduk/MMT
500 x 90 cm
5 buah
300 x 90 cm
2.
Seragam Pengurus
All size
25 buah
100% dari ruang sponsor
3.
ID card pengelola
12 x 7 cm
25 buah
100% dari ruang sponsor
4.
Pamflet/info
29 x 21 cm
50 lbr
100% dari ruang sponsor
5.
Kartu Anggota
29 x 21 cm
100 lbr
100% dari ruang sponsor
6.
Label Buku
12 x 7 cm
100 lbr
100% dari ruang sponsor
7.
Papan Catalog
30 x 30 cm
3 buah
100% dari ruang sponsor

SPONSOR UTAMA
Adalah pihak yang bersedia membiayai 80% dari seluruh kegiatan ini sebesar
Rp. 2.375.600 (Dua Juta Tiga Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Enam Ratus Rupiah). Pihak ini tidak tertutup untuk didampingi oleh sponsor lain. Untuk bentuk kerjasama ini, fasilitas dan sarana objek yang diberikan di antaranya:
No.
Materi
Ukuran
Jumlah
Space untuk sponsor
1.
Spanduk/MMT
500 x 90 cm
5 buah
300 x 90 cm
2.
Seragam Pengurus
All size
25 buah
100% dari ruang sponsor
3.
ID card pengelola
12 x 7 cm
25 buah
100% dari ruang sponsor
4.
Pamflet/info
29 x 21 cm
50 lbr
100% dari ruang sponsor
5.
Kartu Anggota
29 x 21 cm
100 lbr
100% dari ruang sponsor
6.
Label Buku
12 x 7 cm
100 lbr
100% dari ruang sponsor
7.
Papan Catalog
30 x 30 cm
3 buah
100% dari ruang sponsor

SPONSOR MADYA
Adalah pihak yang bersedia membiayai 50% dari seluruh kegiatan ini Rp. 1.484.750, (Satu Juta Empat Ratus Delapan Puluh Empat Ribu Tujuh Ratus Lima Puluh Rupiah). Pihak ini tidak tertutup untuk didampingi oleh sponsor lain. Untuk bentuk kerjasama ini, fasilitas dan sarana objek yang diberikan diantaranya:
No.
Materi
Ukuran
Jumlah
Space untuk sponsor
1.
Spanduk/MMT
500 x 90 cm
5 buah
300 x 90 cm
2.
Seragam Pengurus
All size
25 buah
100% dari ruang sponsor
3.
ID card pengelola
12 x 7 cm
25 buah
100% dari ruang sponsor
4.
Pamflet/info
29 x 21 cm
50 lbr
100% dari ruang sponsor
5.
Kartu Anggota
29 x 21 cm
100 lbr
100% dari ruang sponsor
6.
Label Buku
12 x 7 cm
100 lbr
100% dari ruang sponsor
7.
Papan Catalog
30 x 30 cm
3 buah
100% dari ruang sponsor

SPONSOR EKSEKUTIF
Adalah pihak yang bersedia membiayai 25% dari seluruh kegiatan ini Rp. 742.375,00 (Tujuh Ratus Empat Puluh Dua Ribu Tiga Ratus Tujuh Puluh Lima Rupiah). Pihak ini tidak tertutup untuk didampingi oleh sponsor lain. Untuk bentuk kerjasama ini, fasilitas dan sarana objek yang diberikan diantaranya:
No.
Materi
Ukuran
Jumlah
Space untuk sponsor
1.
Spanduk/MMT
500 x 90 cm
5 buah
300 x 90 cm
2.
Seragam Pengurus
All size
25 buah
100% dari ruang sponsor
3.
ID card pengelola
12 x 7 cm
25 buah
100% dari ruang sponsor
4.
Pamflet/info
29 x 21 cm
50 lbr
100% dari ruang sponsor
5.
Kartu Anggota
29 x 21 cm
100 lbr
100% dari ruang sponsor
6.
Label Buku
12 x 7 cm
100 lbr
100% dari ruang sponsor
7.
Papan Catalog
30 x 30 cm
3 buah
100% dari ruang sponsor

SPONSOR BEBAS
Sponsor bebas didasarkan pada hasil negoisasi yang telah disepakati antar pihak, dengan sediaan melakukan kerjasama dan dukungannya, maka dikategorikan sebagai sponsor bebas. Fasilitas yang diberikan sesuai dengan kesepakatan antar pihak.
Nb:
Panitia selalu terbuka untuk merundingkan bentuk sponsorship dan kerjasama program kerja lainnya dengan calon sponsor.
Perusahaan tidak dapat memonopoli semua jenis publikasi dan panitia berhak menerima masukan dari sponsor lain.
DONATUR
Adalah seorang/ instansi/ lembaga/ perusahaan yang bersimpati dan memberikan dukungan dana secara sukarela tanpa menghendaki imbalan sarana promosi yang disediakan atau keterikatan lain.

RUANG SPONSOR
SPANDUK/PLANG RUMAH PINTAR
Ukuran                   : 5 x 0,9 meter
Bahan                     : kain tetron/kayu
Jumlah                    : 2 (tujuh) buah, bisa ditambah sesuai kebutuhan
Pemasangan          : tempat acara dan tempat yang dianggap penting oleh
                                                  Panitia
KETENTUAN UMUM
PEMBAYARAN DAN PERJANJIAN
Setiap perjanjian jenis sponsorship yang disepakati panitia dan pihak sponsor, harus disertakan uang muka sekurang-kurangnya 50% dari nilai kontrak, sisanya dibayar sesuai dengan kesepakatan bersama.
Perjanjian kontrak dilakukan oleh ketua panitia pelaksana atau panitia pelaksana yang memperoleh surat kuasa ketua penitia pelaksana.
Jika terdapat biaya pajak, seluruh biaya pajak sponsorship dan pemasangan logo sponsor ditanggung pihak sponsor.
MATERI
Pihak sponsor harus sudah mengirim logo atau desain perusahaan kepada panitia selambat-lambatnya sebelum tanggal 15 November 2011.
PEMBATALAN
Apabila ada sponsor tunggal, maka panitia berhak membatalkan sponsor utama dan sponsor madya yang telah masuk dengan mengembalikan seluruh biaya sponsor yang telah dibayarkan kepada panitia dan akan dikurangi administrasi sebesar 10%.
Pembatalan dari pihak sponsor yang telah membayar uang sponsor akan diambil sebesar 50% untuk dana kegiatan dan sisanya akan dikembalikan

KESEKRETARIATAN
 Kelurahan Pakintelan – Gunung Pati, Semarang
Bank BNI Cabang UNNES Semarang
No. Rek : 0162833164
a.n. Aprilia Nurul Chasanah
Bank  Jateng Cabang UNNES Semarang
No. Rek : 2-051-02272-9
a.n. Aprilia Nurul Chasanah
                Email       : aprilia.nurul@yahoo.com
                Contact Person :
                                Ning Jauharotul F.               : 085869826037
                                Aprilia Nurul C.    : 085643005713

SURAT PERJANJIAN
PARTISIPASI DALAM KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                                                      :
Jabatan   :
Mewakili untuk dan atas     :
Nama Instansi/ Perusahaan                :
Alamat                                                    :
Telepon/ HP: ______________________, Fax: _____________________
Adalah bertindak untuk dan atas nama instansi/ perusahaan, selanjutnya dalam naskah ini disebut sebagai PIHAK I.
Menyatakan bahwa:
bersedia menjadi mitra kerja dan berpartisipasi dalam kegiatan
KULIAH KERJA NYATA (KKN)  2011
Yang akan diselenggarakan pada bulan November - Desember  2011, bentuk partisipasi berupa paket yang termasuk:
                Sponsorship TUNGGAL       Rp. 2.969.500
                Sponsorship UTAMA           Rp. 2.375.600
Sponsorship MADYA           Rp. 1.484.750
Sponsorship EKSEKUTIF      Rp.    742.375
*Sponsorship BEBAS           Rp. .............................
*Lainnya                                                ....................................
 (* sesuai dengan bentuk jenis dan jumlah sponsorship yang disepakati)
Nama                                                      :
Jabatan                                   :
Mewakili untuk dan atas     :
Nama instansi/ perusahaan                :
Alamat                                                    :
Telepon/ HP: __________________________, Fax: _____________________
Adalah bertindak untuk dan atas nama, selanjutnya dalam naskah ini disebut PIHAK II.
Pada hari ini, ........................, ................................ 2011, telah bersepakat untuk mengadakan kerjasama dalam rangka ikut mendukung (sponsorship) penyelenggaraan kegiatan Tim KKN UNNES, “RUMAH PINTAR”, Program pemberdayaan keluarga dalam menciptakan budaya gemar membaca di kelurahan Pakintelan dengan butir-butir sebagai berikut:
Partisipasi berupa biaya tersebut akan dibayarkan melalui
Bank BPD Jateng No. Rekening 2-051-02272-9
a.n. Aprilia Nurul Chasanah
Atas kesediaan PIHAK I bekerjasama, maka PIHAK II memberikan fasilitas berupa:
Pencantuman nama dan logo perusahaan atau instansi/ lembaga pada semua media yang digunakan untuk publikasi, atribut dan media kenang-kenangan dalam kegiatan ini, seperti pamflet, spanduk, MMT, dan lain-lain.
Diberikan tempat untuk memasang poster, spanduk, banner atau bentuk promosi lain pada lokasi kegiatan KKN.
Diberikan hak untuk memberikan souvenir sebagai salah satu media promosi perusahaan atau instansi/ lembaga kepada peserta kegiatan.
Seluruh bentuk partisipasi dari PIHAK I, harus tidak mengandung SARA, bersifat HALAL, punya daya guna, dan tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. PIHAK II berhak memeriksa dan meneliti tentang bentuk partisipasi dari PIHAK I.
PIHAK II tidak bertanggung jawab terhadap kualitas dan keamanan produk-produk di luar yang sudah dikonfirmasikan oleh PIHAK I melalui surat perjanjian ini.
Surat perjanjian ini dibuat rangkap 2 (dua) untuk dibawa masing-masing PIHAK I dan PIHAK II, dan keduanya memiliki kekuatan hukum yang sama.
Hal-hal yang belum tercantum dalam surat perjanjian ini akan dimusyawarahkan oleh kedua belah pihak hingga dicapai kesepakatan.
Demikian surat ini kami buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya, dan berlaku sebagai bukti penagihan.
Pakintelan, ............................2011

PIHAK I,                                                                                                  PIHAK II,



(................................................)                                                             (................................................)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Proposal KKN Unnes Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda