Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Tuesday 17 June 2014

Contoh Pendataan SD untuk PPL



PENDATAAN DAN PENETAPAN SASARAN SD LOKASI KKL
IDENTITAS SEKOLAH
NAMA SEKOLAH               :               SD  2 SARASWATI DENPASAR
ALAMAT              :               Jalan Gadung No. 28A Denpasar
STATUS SEKOLAH             :               SWASTA DIBAWAH DIKNAS
Jumlah total Siswa           :               897

B. B. Pembentukan Kelompok Pelaksanaan KKL
Dalam pelaksanakan KKL melalui observasi di SD Saraswati 2 Denpasar, Bali, pelaksanaan observasi dibagi atas beberapa materi yaitu Paikem, Manajemen Berbasis Sekolah, Bimbingan Konseling, Muatan Lokal, serta Peran Serta Masyarakat.
Pelaksanaan observasi  tiap materi dibagi atas beberapa mahasiswa yang menjadi satu kelompok. Pada observasi di SD Saraswati 2 Denpasar, kelompok kami mendapatkan materi muatan lokal.
Berikut nama-nama anggota kelompok muatan lokal :
Muhammad Okto Gunanto
Khoirudin Akhmad Fauzi
Erlina Novi K
Dewi Zuliani
Dewi Purwitosari
Nur Fajriana Wahyu A
Sri Ekowati
Ifa Nurcahyanti
Eko Sulistiyo
Diyah Novita Sari
Dalam melaksanakan observasi tersebut kelompok muatan lokal  juga membagi tugas dalam pelaksanaannya sehingga kelompok kami membagi lagi menjadi beberapa mahasiswa dengan tugasnya masing-masing:
Khoirudin Akhmad Fauzi dan Dewi Purwitosari
Mempunyai tugas bertanggung jawab atas kepala sekolah yaitu mewawancarai dan mencari data-data mengenai muatan lokal di SD Saraswati 2 Denpasar melalui kepala sekolah.
Nur Fajriana Wahyu A dan Ifa Nurcahyanti
Mempunyai tugas bertanggung jawab atas guru kelas tinggi yaitu mewawancarai dan mencari data-data mengenai muatan lokal di SD Saraswati 2 Denpasar melalui guru kelas tinggi.
Muhammad Okto Gunanto dan Dewi Zuliani
Mempunyai tugas bertanggung jawab atas guru kelas rendah yaitu mewawancarai dan mencari data-data mengenai muatan lokal di SD Saraswati 2 Denpasar melalui guru kelas rendah.
Diyah Novita Sari dan Erlina Novi K
Mempunyai tugas bertanggung jawab atas siswa kelas tinggi yaitu mewawancarai dan mencari data-data mengenai muatan lokal di SD Saraswati 2 Denpasar melalui siswa kelas tinggi.
Sri Ekowati, dan Eko Sulistyo
Mempunyai tugas bertanggung jawab atas siswa kelas rendah yaitu mewawancarai dan mencari data-data mengenai muatan lokal di SD Saraswati 2 Denpasar melalui siswa kelas rendah.
Pelaksanaan
Kelompok Kami bertugas mengamati pelaksanaan pembelajaran mulok di SD Saraswati 02.  SD Saraswati 02  merupakan satu dari lima SD yang dinaungi oleh Yayasan PR Saraswati.
                Pada awalnya, observasi yang Kami lakukan mengalami sedikit kendala karena terbenturnya izin. Akan tetapi, masalah tersebut segera teratasi sehingga observasi dapat dilakukan dengan baik.
                Dalam mengamati hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran mulok, kelompok Kami dibagi menjadi tiga kelompok kecil. Kelompok pertama terdiri atas dua orang. Kelompok ini bertugas mewawancarai Kepala Sekolah. Kelompok kedua terdiri atas  dua orang. Kelompok ini bertugas mewawancarai guru pengampu dari kelas tinggi dankelas rendah. Kelompok ketiga terdiri atas enam orang. Kelompok ini bertugas mewawancarai dan mengobservasi siswa-siswa SD Saraswati 02, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.

E. TEMUAN  DAN  PEMBAHASAN
Seperti yang telah disebutkan di atas, yang kami amati adalah tentang mata pelajaran MULOK yang ada di SD II Saraswati. Di SD tersebut mata pelajaran mulok diberi alokasi waktu 2 jam pelajaran tiap minggunya. Jenis mulok yang dikembangkan di SD tersebut adalah :
Mulok Wajib :
Bahasa Bali
Bahasa Inggris
Budi Pekerti
Mulok Pilihan :
Tata Boga (untuk kelas 4 )
Meja Jahitan : seni merangkai sesaji ( untuk kelas 5 )
Menganyam  ( untuk kelas 6 )
Dalam kegiatan pembelajaran, sekolah mendatangkan guru khusus untuk mulok Bahasa Bali dan Bahasa Inggris. Sedangkan mulok Budi Pekerti, Tata Boga, Meja Jahitan dan Menganyam diasuh langsung oleh guru kelas.
Dalam pelaksanaannya, mulok-mulok tersebut mendapat sambutan yang positif dari siswa. Terutama untuk mulok Meja Jahitan dan Menganyam yang banyak digemari oleh siswa-siswa di SD II Saraswati.
Mulok yang dikembangkan di SD II Saraswati sifatnya adalah mandiri, maksudnya, mulok dikembangkan sendiri oleh sekolah, belum ada keterlibatan dengan pengembang misalnya PT,industri,BAPEDA, ataupun masyarakat. Produk yang dihasilkan siswa. Dalam hal ini berbagai bentuk anyaman, biasanya dipajang di ruang perpustakaan atau di ruang kelas. Dan di akhir tahun produk-produk tersebut dipamerkan di hadapan wali murid.
Sedangkan untuk strategi pembelajaran mulok tidaklah berbeda dengan mata pelajaran lain, yaitu menggunakan metode-metode yang biasa digunakan dalam maple lain, seperti pakem, kontekstual, dan lain-lain. Begitu juga dengan evaluasi pembelajarannya. Evaluasi pembelajaran diadakan secara tes dan non tes.
               
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Pendataan SD untuk PPL Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda