Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Tuesday 17 June 2014

Contoh Karya Tulis Ilmiah tentang Sampah Sungai

OLIMPIADE KARYA TULIS ILMIAH


PENYARING SAMPAH SUNGAI SEDERHANA DAN EFEKTIF
(PS3E)

OLEH :
SRILAILA AGUSTARI                        105482
PEGI AULIA                                                         115586


SMK-SEKOLAH MENENGAH ANALIS KIMIA (SMAK)
PADANG
2012
ABSTRAK

PENYARING SAMPAH SUNGAI SEDERHANA DAN EFEKTIF (PS3E)
Srilaila Agustari, Pegi Aulia, Ruri Afrianto, 2012
SMK-SEKOLAH MENENGAH ANALIS KIMIA, PADANG

Hal ini yang menjadi penghambat bagi Indonesian untuk menjadi seperti Negara-negara lain yang bersih lingkungannya adalah sifat masyarakat indonesia yang tidak peduli dengan lingkungan dan suka melanggar aturan pemerintah. Setiap masyarakat membuang sampah kesungai akibatnya sampah-sampah yang dibuang kesungai makin hari makin banyak dan menyumbat aliran air sungai.
Kita sebagai manusia pasti tidak menginginkan keberadaan sampah-sampah yang menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan makhluk hidup terutama manusia. Tentu hal ini membutuhkan kesadaran yang tinggi dari masyarakat. Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dengan membuat sebuah rancangan yang sangat berguna untuk pengolahan sampah sungai yaitu PS3E (Penyaring Sampah Sungai Sederhana dan Efektif). Adapun rumusan masalah yang penulis dapat yaitu bagaimana cara menciptakan PS3E (penyaring sampah sungai sederhana dan efektif), dan tujuannya Untuk mengetahui cara kerja PS3E (penyarig sampah sungai sederhana dan efektif).
Penulisan ini memiliki banyak manfaat diantaranya, menyadarkan masyarakat indonesia agar tidak membuang sampah sembarangan, mengenalkan PS3E kepada masyarakat luas, sungai terbebas dari sampah dan banjir dapat dicegah, air sungai bersih serta sehat, sebagai masukan untuk instalasi yang bergerak dibidang pengendalian kualitas lingkungan.
PEMBAHASAN
Jadi, untuk mengatasi banyaknya sampah sungai yang menjadi pengahambat aliran air sungai, maka dapat dilakukan dengan cara pembuatan PS3E ini dengan prinsip kerja yang sederhana dan efektif, tidak membutukan energy lain jadi hemat energi, biaya murah dan praktis

SARAN
Sebaiknya pemerintah lebih memperhatikan sampah yang ada disungai dengan menerapkan system PS3E ini.Sebaiknya PS3E ini dapat digunakan oleh masyarakat terutama oleh masyarakat yang tinggal   disekitar aliran sungai.
Kata kunci : Penyaring sampah, sungai


KATA PENGANTAR
            Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Penyaring Sampah Sungai Sederhana dan Efektif”.
            Selama proses pembuatan makalah ini penulis tidak terlepas dari saran dan dukungan dari berbagai pihak. Penulis menyadari bahwa banyak pihak yang telah berpartisipasi dalam menyelesaikan makalah ini. Untuk itu, iringan do’a dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya penulis sampaikan, terutama kepada:
Ayah dan Ibunda tercinta dengan sepenuh hati memberikan dukungan moril maupun spirituil, serta iringan do’a yang tulus dan ikhlas sehingga penulisan makalah ini dapat terselesaikan.
Kepala sekolah, SMK-SMAK Padang.Ir. Hariyanto M.Pd.
Guru pembimbing, Cp. Ruri Afrianto.
Dan teman-teman yang telah memberikan semangat sehingga makalah ini selesai.
Tak ada gading yang tak retak; kesalahan adalah kekurangan penulis. Makalah ini sangat jauh dari kata sempurna, perbaikan dan kritikan terhadap makalah ini sangat dinantikan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca serta dapat dijadikan sebagai referensi untuk menunjang proses belajar mengajar nantinya.
            Padang,           Mei 2012
            Penulis,
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR          
DAFTAR ISI
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah    5
1.2 Rumusan Masalah              6
Tujuan Penulisan          6
Manfaat Penulisan       6
Batasan Penulisan        6
Metode Pengambilan Data      6

GAGASAN   7
Tinjauan Pustaka         7
Pembahasan    8

KESIMPULAN dan SARAN          10

DAFTAR PUSTAKA          11
BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Akhir-akhir ini banyak sekali berita di media cetak dan elektronik tentang keadaan lingkungan di indonesia. Contohnya seperti, banjir yang terjadi di Jakarta dan beberapa daerah diluar pulau Jawa. Tidak hanya mengganggu aktifitas masyarakat, tetapi banjir juga menjadi sumber penyakit bagi masyarakat. Hal itu semua terjadi karena perbuatan manusia yang sering membuang sampah kesungai, dan tidak pernah mengindahkan perintah pemerintah untuk membuang sampah pada tempatnya. Padahal pemerintah sudah melakukan segala macam cara agar Negara Indonesia bisa menjadi Negara yang bersih, seperti Negara-negara lain yang kebersihan lingkungannya lebih maju jika dibandingkan dengan Negara Indonesia.

Hal ini yang menjadi penghambat bagi Indonesia untuk menjadi seperti Negara-negara tersebut adalah sifat masyarakat indonesia yang tidak peduli dengan lingkungan dan suka melanggar aturan pemerintah. Setiap masyarakat membuang sampah kesungai akibatnya sampah-sampah yang dibuang kesungai makin hari makin banyak dan menyumbat aliran air sungai. Sampah-sampah disungai juga termasuk sampah organik dari dedaunan yang jatuh kesungai, sungai yang kotor akan mengakibatkan hewan-hewan air mati dan bangkai hewan itu juga akan menyebabkan polusi air . Terutama disungai-sungai yang berada di Daerah Jakarta. Sehingga ketika hujan turun dan aliran air sungai tersumbat mengakibatkan sungai tidak mampu lagi menampung air hujan kemudian air meluap dan terjadilah banjir. Tumpukan atau endapan sampah disungai tidak hanya mengakibatkan banjir tetapi juga menjadi sarang tempat kuman-kuman penyakit berkembang biak.

Kita sebagai manusia pasti tidak menginginkan keberadaan sampah-sampah yang menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan makhluk hidup terutama manusia. Tentu hal ini membutuhkan kesadaran yang tinggi dari masyarakat. Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Tetapi jika kita hanya mengandalkan kesadaran dari masyarakat “apa itu cukup ?”. Setelah kita tahu begitu banyak masyarakat yang tidak peduli dengan lingkungan. 

Karena kondisi diatas  kami mencoba merancang sesuatu yang memiliki teknologi sederhana, dan efektif dalam operasionalnya yaitu  PS3E (Penyaring sampah sungai sederhana dan efektif)”. Pembuatan PS3E sangat bermanfaat bagi kita pada zaman sekarang ini. PS3E ini tidak membutuhkan energi lain untuk bekerja jadi hemat energi, biaya murah dan praktis.  

1.2. Rumusan Masalah
Bagaimana cara menciptakan PS3E (penyaring sampah sungai sederhana dan efektif)
1.3. Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui cara kerja PS3E (penyarig sampah sungai sederhana dan efektif)
1.4. Manfaat Penulisan

Penulisan ini juga bermanfaat untuk :
Menyadarkan Masyarakat indonesia agar tidak membuang sampah sembarangan
Mengenalkan PS3E kepada masyarakat luas
Sungai terbebas dari sampah dan banjir dapat dicegah
Air sungai bersih serta sehat
Sebagai masukan untuk instalasi yang bergerak dibidang pengendalian kualitas lingkungan.
1.5. Batasan Penulisan
PS3E (Penyaring Sampah Sungai Sederhana dan Efektif) hanya digunakan untuk menyaring sampah-sampah kasar.
1.6. Metode Pengambilan Data
Metode yang digunakan studi pustaka


BAB II
GAGASAN

2.1 TINJAUAN PUSTAKA
2.1.1 SAMPAH
Soewedo (1983) menyatakan bahwa sampah adalah bagian dari sesuatu yang tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang harus dibuang, yang umumnya berasal dari kegiatan yang dilakukan manusia (termasuk kegiatan industri), tetapi bukan yang biologis.
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses atau aktivitas, baik aktivitas manusia maupun aktivitas alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Sampah dapat berada pada setiap fase materi : padat, cair, atau gas. Ketika dilepaskan dalam dua fase yang disebutkan terakhir, terutama gas, sampah dapat dikatakan sebagai emisi. Emisi biasa dikaitkan dengan polusi. Dalam kehidupan manusia, sampah dalam jumlah besar datang dari aktivitas industri (dikenal juga dengan sebutan limbah), misalnya pertambangan, manufaktur, dan konsumsi. Pembuangan sampah yang tidak memenuhi persyaratan dapat menimbulkan dampak negatif pada lingkungan. Seperti lingkungan darat, udara, dan air.

2.1.2 SUNGAI
Sungai dapat didefinisikan sebagai saluran di permukaan bumi yang terbentuk secara alamiah yang melalui saluran itu air dari darat menglir mengalir menuju Samudera, Danau atau laut, atau ke sungai yang lainnya. Pada beberapa kasus, sebuah sungai secara sederhana mengalir meresap ke dalam tanah sebelum menemukan badan air lainnya. Dengan melalui sungai merupakan cara yang biasa bagi air hujan yang turun di daratan untuk mengalir ke laut atau tampungan air yang besar seperti danau. Sungai terdiri dari beberapa bagian, bermula dari mata air yang mengalir ke anak sungai. Beberapa anak sungai akan bergabung untuk membentuk sungai utama. Aliran air biasanya berbatasan dengan kepada saluran dengan dasar dan tebing di sebelah kiri dan kanan. Penghujung sungai di mana sungai bertemu laut dikenali sebagai muara sungai. Sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air dalam sungai umumnya terkumpul dari presipitasi, seperti hujan,embun, mata air, limpasan bawah tanah, dan di beberapa negara tertentu air sungai juga berasal dari lelehan es / salju. Selain air, sungai juga mengalirkan sedimen dan polutan.
Manfaat sungai:
1. untuk irigasi pertanian
2. bahan baku air minum
3. sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah
4. potensial untuk dijadikan objek wisata sungai.
2.1.3 Dampak Sampah Terhadap Sungai
Dampak negatif yang ditimbulkan dari sampah yang tidak dikelola dengan baik adalah sebagai berikut:
Gangguan Kesehatan: Timbulan sampah dapat menjadi tempat pembiakan kuman penyakit. 
Menurunnya kualitas air bersih
Tumpukan sampah dapat menyebabkan sungai menjadi bau dan kotor sehingga sungai akan  menjadi tidak indah untuk dipandang mata.
2.1.4 TRADISI MASYARAKAT DAN PENGARUH SAMPAH TERHADAP SUNGAI
Budaya masyarakat yang selalu membuang sampah seperti hasil sampah rumah tangga dibuang kesungai. Sungai biasanya dijadikan tempat akhir pembungan sampah dan akhirnya sampah menumpuk dan mengakibatkan aliran sungai tehambat dan akan banyak terjadi bencana seperti banjir.
2.2. PEMBAHASAN
Sistem ini dibuat untuk memisahkan sampah kasar dari air sungai agar air sungai bersih dari sampah. Kebiasaan masyarakat yang selalu membuang sampah sembarangan, seperti sampah rumah tangga yang dibuang ke sungai. Sungai biasanya dijadikan tempat akhir pembuangan sampah dan dibiarkan menumupuk dan akhirnya aliran air sungai menjadi terhambat dan bisa menimbulkan bencana akibat ulah mereka sendiri.
PS3E merupakan penyaring sampah sungai sederhana dan efektif terbuat dari barang-barang yang mudah ditemukan disekitar kita dan berfungsi untuk menyaring sampah-sampah yang ada di sungai, sehingga dapat mewujudakan harapan kita untuk memiliki sungai yang bersih, sehingga kita jauh dari berbagai macam penyakit yang ditimbulkannya dan tentunya juga jauh dari banjir. PS3E sangat handal untuk mengatasi masalah air sungai yang kotor dan berbau, manjadi air sungai yang bersih, dan menghasilkan air yang sesuai dengan standar air bersih. Dan PS3E sangat ramah sekali terhadap lingkungan.
Pada pemasangannya PS3E diletakkan pada sungai yang bertanjakkan, ini akan mempermudah proses panyaringan.  Dilihat dari gambar 1 dan gambar 2. Pada gambar 1 digambarkan cara kerja PS3E saat digunakan. PS3E ini di buat dan dipasang sesuai dengan ukuran sungai.  Air sungai yang semula dipenuhi sampah mengalir melewati PS3E dan secara otomatis sampah-sampah yang terbawa arus akan tersaring dan meluncur  masuk kedalam tempat samph melewati menjadi bersih setelah melalui proses penyaringan oleh PS3E.
Gambar 2 :
Pada gambar 2 merupakan rancangan dari pemasangan PS3E.
Nomor 1 : adalah gambar sekat yang digunakan untuk menyangkutkan PS3E. sekat dipasang pada pinggir-pinggir sungai.
Nomor 2 : adalah gambar PS3E yang dipasang miring agar sampah-sampah dengan mudah jatuh ketempat sampah.
Nomor 3 : adalah tempat sampah yang diletakkan di pinggir sungai dekat PS3E.
Nomor 4 : adalah penyaring yang dibuat sesuai dengan labar tong sampah. Dan saringan ini berfungsi untuk memisahkan antara air bersih dengan sampah ketika tiba ditong sampah.
Nomor 5 : adalah selang yang dipasang pada bagian bawah tong sampah agar air yang tersaring masuk ketong sampah mengalir kembali kedalam sungai, sehingga tidak ada air yang terbuang dalam proses ini.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
Sampah di sungai dapat diatasi oleh peranan masyarakat dan pemerintah (mengubah budaya)
PS3E dapat membebaskan sungai dari sampah dengan efektif dan sederhana
3.2 Saran
Sebaiknya pemerintah lebih memperhatikan sampah yang ada disungai dengan menerapkan system PS3E ini.
Sebaiknya PS3E ini dapat digunakan oleh masyarakat terutama oleh masyarakat yang tinggal   disekitar aliran sungai.

BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
Saefuddin, 2009. Pendidikan Lingkungan Hidup,Malang.
Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya Air dan
            Lingkungan, Kanisius, Yogyakarta.
id.wikipedia.org/wiki/sampah
id.wikipedia.org/wiki/sungai


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Karya Tulis Ilmiah tentang Sampah Sungai Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda