Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Monday 9 June 2014

Analisis Kurikulum Fikih Kelas VI MI Semester II



I.                   PENDAHULUAN
Kurikulum merupakan bagian dari komponen pendidikan, maka dari itu, seorang pendidik sudah tentu dituntut untuk memahami seluk beluk tentang kurikulum.selanjutnya, dari kurikulum yang sudah ada seorang pendidik dituntut untuk dapat menela’ah ataupun menganalisis kurikulum tersebut. dengan adanya analisis dari seorang pendidik, bertujuan untuk dapat mengkritisi kurikulum yang nantinya dapat digunakan untuk perbaikan dalam pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
II.                PEMBAHASAN
Keterangan:
Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa pada SK 1 mengenal ketentuan jual beli. Mengenal tingkat kesukaran materi dapat dilihat pada ranah kognitif, efektif dan psikomotorik. Dimana setiap indicator memiliki tingkat yang berbeda-beda antaa yang satu dengan yang lain.
Pada KD 1.1 mnjelaska tatacara jual beli dengan benar.
-          Indikator 1.1.1 siswa mampu mendefinisikan jual beli masuk pada kognif 1 karena mendefinisikan kata kerja operasional yang taraf kesulitannya masih sangat sederhana dan siswa juga tidak terlalu sulit untuk mencapai materinya karena pada indicator ini  siswa hanya di tuntut untuk dapat mendefinisikan pengertian jual beli.
-          Indikator 1.1.2 Siswa dapat menyebutkan syarat-syarat syah jual beli, masuk pada aspek kognitif 1 karena menyebutkan merupakan kata kerja operasional yang taraf kesulitannya masih sangat sederhana dan siswa juga tidak terlalu sulit untuk mencapai materinya karena pada indicator ini  siswa hanya di tuntut untuk menyebutkan syarat sah jual beli.
-          indicator 1.1.3 Siswa dapat menyebutkan rukun jual beli masuk pada aspek kognitif 1 karena menyebutkan merupakan kata kerja operasional yang taraf kesulitannya masih sangat sederhana dan siswa juga tidak terlalu sulit untuk mencapai materinya karena pada indicator ini  siswa hanya di tuntut untuk menyebutkan rukun jual beli.
-          1.1.4 Siswa dapat menyebutkan jual beli yang diharamkan masuk pada aspek kognitif 1 karena menyebutkan merupakan kata kerja operasional yang taraf kesulitannya masih sangat sederhana dan siswa juga tidak terlalu sulit untuk mencapai materinya karena pada indicator ini  siswa hanya di tuntut untuk menyebutkan jual beli yang diharamkan.
-          1.1.5 siswa da


III.             KESIMPULAN
analisis kurikulum fiqh kelas VI semester II merupakan kajian terhadap materi pelajaran Fiqh kelas VI semester II. dimana analisis ini bertujuan agar guru dapat menetukan indicator dari standar yang sudah ditentukan, sehingga dari rumusan indicator tersebut dapat dikeahui tingkat kesukaran materi dilihat dri anah kognitif, afekif, dan psikomotoriknya.
      kajian analisis mata pelajaran fiqh kelas VI semester II ini tentang jual beli, pinjam meminjam dan sewa menyewa.dan tentunya dijabarkan dalam indiktor sesuai karakteristik dan intek siswa yang ada di kelas VI semester II MI dan dianalisis baik dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotoriknya, ruang lingkupnya, jenis materinya apakah termasuk Prinsip, fakta, prosedur atau konsep dan tentunya seelah dianalisis dari kesemuanya lalu seorang guru harus megevaluasi suaya dapat mengukur sejauh mana tingkat keerhasilan siswa dala pembelajaran fiqh.
IV.             PENUTUP
demikianlah makalah yang dapat kami sampaikan, kami sadar bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan maka dari itu kritik dan saran yang konstruktif sangat kami harapkan guna perbaikan makalah kami kedepanya, karrena tentunya tiada gading yang tak retak..
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Analisis Kurikulum Fikih Kelas VI MI Semester II Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda