Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Wednesday 4 June 2014

Contoh Proposal Buku



PENDAHULUAN
Setiap individu kiranya setuju bahwa ilmu pengetahuan merupakan komponen terpenting dalam upaya membangun kehidupan masyarakat yang berwawasan dan bermoral. Ilmu pengetahuan menjadi sarana utama dalam membangun sebuah peradaban baru yang lebih baik. Karena perkembangan ilmu pengetahuan bersifat dinamis, maka wajib bagi setiap umat manusia untuk mengikuti setiap perkembangannya agar pola pikir mereka senantiasa selaras dengan perkembangan peradaban itu sendiri. Ilmu pengetahuan dapat diperoleh dari berbagai media diantaranya televise, radio, koran, majalah dan tentu saja buku. Pencarian informasi dari hari ke hari terus mengalami peningkatan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pesatnya laju pembangunan. Pencarian tersebut akan semakin meningkat jika dibarengi dengan peningkatan aktifitas dan pengetahuan masyarakat. Pada tahap inilah informasi mencapai titik yang sangat penting. Masyarakat akan berusaha cukup keras untuk mendapatkan informasi dalam menunjang aktivitas atau pekerjaan masing-masing.
 
Mudahnya memperoleh ilmu pengetahuan maupun informasi dewasa ini tidak serta merta berdampak positif bagi umat manusia, bahkan jika kita tidak mampu menyikapinya secara bijak, ia malah berpotensi merusak peradaban itu sendiri. Pemerolehan pengetahuan ataupun informasi yang tidak baik dan benar memberikan dampak negatif terhadap kondisi moralitas umat saat ini khususnya generasi muda. Rapuhnya moralitas umat merupakan masalah yang harus segera dipikirkan dan diselesaikan. Masalah minimnya pendidikan agama dikalangan masyarakat khususnya generasi muda islam salah satu sebab kedangkalan berfikir dan berperilaku jauh dari nilai-nilai islam. Maka pendidikan atau tarbiyah adalah satu satunya obat penawar terhadap penyakit kebodohan yang menghinggapi umat islam saat ini.
Ketika ruhiyah kita dibina maka sangat tidak mungkin tanpa membina aqliyah (akal) kita. Keimanan seorang muslim akan meningkat seiring dengan meningkatnya ilmu syar’i. Dan ilmu dapat diperoleh salah satunya dengan metode membaca (iqra). Sebagaimana allah ta’aala perintahkan pertama kali kepada rasul kita muhammad shalallahu’alaihi wasalam
اقرأ باسم ربك الدى خلق.
Bacalah dengan (menyebut) nama tuhanmu yang menciptakan (al alaq:1)
Dalam rangka menumbuhkan minat baca dikalangan masyarakat maka kebutuhan akan hadirnya perpustakaan dirasakan sangat besar. Perpustakaan merupakan sarana yang paling penting dalam dunia pendidikan, sama halnya dengan apotik dalam dunia pengobatan.
Berangkat dari pemikiran diatas, kami mahasiswa Kuliah Kerja Nyata  bermaksud untuk membuat Taman Baca “Baitun Nur”. Karena itu, melalui proposal ini kami mengetuk hati para muhsinin kiranya berkenan memberikan sebagian rizkinya untuk merealisasikan keinginan di atas. Semoga allah ta’ala menerima amal kita dan membalasnya dengan yang lebih baik. Semoga perpustakaan Taman Baca “Baitun Nur” mampu memberikan manfaat luas kepada umat islam khususnya di dukuh taban dan kepada allahlah kita menyerahkan segala urusan.
LANDASAN PEMIKIRAN
Berawal dari keprihatinan melihat anak – anak kecil dilingkungan sekitar kami yang nyaris tidak pernah membaca buku di luar buku sekolah, maka kami berinisiatif untuk mengumpulkan buku bacaan anak – anak dan remaja yang kemudian kami sajikan secara sederhana kepada anak –anak dan remaja yang kami maksudkan tersebut. Promosi yang kami lakukan terbilang sangat sederhana dan berawal dari mulut ke mulut saja.
Berorientasi terhadap keadaan sosial masyarakat dukuh kampong anyar yang jarang berpendidikan tinggi dan pola pikir masyarakat yang tidak menganggap penting pengetahuan maka kami menganggap perlu menyajikan menu baru pengetahuan dan mendekatkan masyarakat dengan jendela ilmu berupa buku. Masyarakat perlu diperhatikan dalam hal pengayaan ilmu pengetahuan karena dengan pengetahuan setidaknya masyarakat akan mengerti memahami hal – hal yang selama ini mereka abaikan dan anggap tidak penting menjadi sesuatu yang bisa bermanfa’at untuk memperbaiki taraf hidup mereka. Dengan berdasarkan keberadaan rumah baca mandiri ini kami berharap bisa member warna baru dan tambahan pengetahuan di lingkungan masyarakat desa kami yang masih banyak membutuhkan pembinaan disegala bidang. Terutama pada anak – anak dan remaja yang lebih senang bermain hp dari pada membaca, sehingga dengan keberadaan rumah baca ini bisa memberikan nuansa baru dan berwisata pengetahuan lebih jauh dan bermutu melalui buku.

TUJUAN
Mempermudah anak – anak dan remaja mendapatkan buku referensi sekolah.
Mendekatkan anak-anak dan remaja dengan buku.
Memberikan anak –anak dan remaja kegiatan bermutu lewat membaca.
Meningkatkan kualitas dan kwantitas rumah baca sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat kampung anyar

TARGET
Dengan Adanya Rumah Baca Mandiri Ini Diharapkan Dapat Memberikan Sarana Belajar Murah Dan Mudah Dan Meningkatkan Minat Baca Anak – Anak, Remaja, Dan Masyarakat Setempat.

PERMOHONAN BANTUAN
Melihat penjelasan di atas, tentu tidak hanya sikap prihatin saja yang dibutuhkan, tetapi haruslah dijawab dengan langkah yang nyata untuk mewujudkan masyarakat yang gemar membaca. Untuk itu, dengan segelintir orang, saat ini kami sedang merintis sebuah taman bacaan untuk anak-anak, remaja hingga dewasa, dengan nama rumah baca mugtea, dan mengusung visi: melihat dunia dengan membaca.
Koleksi yang kami miliki saat ini sebanyak 300-an buku yang terdiri dari komik, novel, buku agama, pengetahuan umum yang berasal dari dana pribadi. Namun, terkait dengan hal tersebut di atas, saat ini kami masih mempunyai beberapa masalah, diantaranya masalah keuangan pengadaan rak-rak buku rumah baca serta kurangnya bahan koleksi buku untuk rumah baca tersebut. Sehingga melalui proposal ini kami mohon bantuan dana atau koleksi buku, majalah, komik educativ, cd pembelajaran, atau yang lain lain yang sifatnya mendidik bagi masyarakat khalayak umum untuk membantu demi terwujudnya rumah baca tersebut.
Adapun koleksi buku yang kami perlukan (boleh buku bekas) antara lain :
Buku dan komik edukatif bergambar
Buku pelajaran sd
Buku pelajaran smp
Buku pelajaran smu
Buku teknologi tepat
Buku komputer
Buku pertanian dan peternakan
Majalah
Buku ketrampilan
Atlas
Kamus
Perlengkapan rumah baca yang kami perlukan :
Meja baca kecil
Karpet ukuran 2 x 2
Karpet ukuran 4 x 4
Rak buku

PENGATURAN OPERASIONAL RUMAH BACA
Agar roda Rumah Baca bisa berjalan baik dan kontinyu, maka pengelolaan untuk sementara langsung di bawah kepengurusan dan akan dicari seorang pengurus yang sevisi untuk menjalankannya. Untuk mekanisme pengelolan Rumah Baca akan buka setiap hari dari jam 09:00 sampai jam 17.00 yang dilakukan oleh pengelola rumah baca.

PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya, semoga bisa dijadikan pertimbangan bagi pihak-pihak terkait. Atas kerjasama dan partisipasinya kami sampaikan terima kasih.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Proposal Buku Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda