Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Wednesday 4 June 2014

Contoh Review Jurnal Pendidikan Bahasa



 Disusun guna memenuhi tugas kelompok mata kuliah Penelitian Kependidikan
Dosen Pengampu Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd
                             





Oleh:
Hamidulloh Ibda               0103513129







PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2014


Judul Penelitian           :           Karakteritik Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMPN 6 Malang
Peneliti :           Nahnu Robid Jiwandono
Tahun  :           2012

Alasan Pemilihan Judul
Kegiatan menulis sudah diajarkan pada siswa sejak sekolah dasar sampai perguruan tinggi, termasuk di sekolah menengah pertama. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan di SMP adalah menulis pengalaman pribadi. Hal tersebut sesuai dengan kurikulum kelas VII SMP pada Kompetensi Dasar Menulis pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar. Melalui kegiatan menulis pengalaman pribadi ini siswa dilatih untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran secara jelas kepada pembaca. Alasan pemilihan siswa SMP sebagai subjek penelitian adalah pada usia tersebut siswa masuk dalam amsa transisi dari anak-anak menuju remaja sehingga perlu untuk diketahui bagaimana karakteritik karangan siswa pada masa tersebut.
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik karangan narasi yang ditulis oleh siswa kelas VII SMPN 6 Malang. Karakteristik tersebut dibatasi pada unsur-insur intrinsik karangan narasi yang meliputi: karakteristik tokohpenokohan, karakteristik alur, karakteristik latar, dan karakteristik tema.

Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan pendekatan ini didasarkan pada adanya kecocokan antara data yang diteliti, tujuan penelitian, dan karakteristik penelitian kualitatif. sumber data. Pada penelitian kualitatif ini, sumber data yang diperoleh dari siswa kelas VII berupa karangan narasi, dianalisis oleh peneliti sebagai instrumen utama dibantu dengan ahli yang bertugas membimbing dan pada akhirnya disepakati bersama menjadi sebuah kesimpulan pada hasil penelitian.

Hasil dan Pembahasan
Hasil
Karakteritik tokoh dalam karangan narasi siswa kelas VII SMPN 6 Malang dibagi menjadi dua yaitu tokoh utama dan tokoh sampingan. Pada karangan narasi siswa kelas VII SMPN 6 Malang terdapat dua cara yang dilakukan pengarang dalam melukiskan karakter tookohnya, yaitu dengan cara eksplisit dan implisit. Sedangkan latar terbagi menjadi tiga yaitu tempat, waktu, dan suasana. Latar tempat yang digunakan adalah lingkungan rumah, sekolah, dan tempat wisata. Latar waktu yang dipilih oleh siswa adalah pagi, siang, sore, dan malam hari. Latar suasana yang paling banyak dipilih oleh siswa adalah suasana menyenangkan.
Pembahasan
Siswa banyak menggunakan kata aku karena terbawa pengalaman pribadi yang pernah dia alami, bukan pengalaman orang lain. Pengarang melukiskan karakter tokoh secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung, beberapa siswa menyebutkan karakter tokoh dalam bentuk deskripsi. Tapi ada juga yang secara tidak langsung melukiskan karakter tokoh dari tindakannya. Latar tempat yang dipilih siswa menyesuaikan pengalaman yang pernah dialami siswa karena siswa merasa lebih mudah dengan aktivitas di dalamnya. Sedangkan latar waktu juga dipilih sesuai aktivitas-aktivitas yang identik terjadi pada saat tersebut. Hal ini juga dipengaruhi pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan daya pikir siswa membuat semua siswa menggunakan alur maju karena lebih mudah dalam menentukan awal, tengah, dan akhir ceritanya. Sedangkan tema dipilih anak dari pengalaman yang pernah dirasakan. Tema yang paling banyak digunakan adalah tema tentang pengalaman berwisata dan pengalaman menakutkan.
Simpulan dan saran
Simpulan
Karakteritik tokoh yang dipilih oleh siswa dalah tokoh utama dan sampingan. Siswa kelas VII SMPN 6 Malang menggunakan dua cara untuk melukiskan karakter tokoh. Alur yang dipilih oleh siswa secara keseluruhan adalah alur maju. Later tempat yang sering digunakan adalah lingkungan rumah, sekolah, dan tempat wisata. Tema yang dipilih sangat beragam. Meliputi tentang kegiatan sekolah, pengalaman persahabatan, pengalaman lucu, dan pengalaman tentang belajar sesuatu.
Saran
Bagi guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai masukan untuk menambah pengetahuan dan kreativitas guru dalam mengembangkan media dan strategi pembelajaran di sekolah, terutama dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian tentang karakteristik karangan narasi, disarankan untuk mencoba melakukan penelitian pada jenjang pendidikan lain seperti Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan. Bagi pembaca, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai sarana untuk menambah pengetahuan tentang karakteristik karangan narasi siswa kelas VII SMP.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Review Jurnal Pendidikan Bahasa Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda