Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Tuesday 17 June 2014

Contoh Laporan Hasil Observasi di SD



LAPORAN HASIL OBSERVASI DI SEKOLAH DASAR SARASWATI 02
Peran Serta Masyarakat


Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tanggapan masyarakat terhadap SD Saraswati 02 adalah cukup baik, hal ini terbukti dari banyaknya jumlah siswa yang masuk ke SD Saraswati 02. Dari hasil observasi terhadap masyarakat sekitar dan guru serta staf karyawan juga kepala sekolah menunjukkan bahwa SD Saraswati termasuk sekolah yang diminati, karena pada saat penerimaan peserta didik di tahun ajaran baru biasanya dilakukan sebelum dimulainya tahun ajaran baru, sehingga pada tahun ajaran baru penerimaan peserta didik sudah ditutup. Orang tua memasukkan anak ke sekolah dan menyerahkan sepenuhnya pada pihak sekolah dengan alasan lokasi yang strategis, dekat dengan rumah, selain itu orang tua sudah percaya penuh terhadap sekolah karena kualitas sekolah bagus, guru-guru pengajarnya juga ramah terhadap orang tua, dan fasilitas yang dibutuhkan oleh peserta didik telah memadai dan terpenuhi. Peran serta orang tua selain memasukkan anaknya di SD Saraswati 02 juga ikut memotivasi anaknya di rumah dan mengevaluasi program-program yang diadakan di sekolah tersebut, sehingga orang tua tidak hanya menyerahkan anaknya ke pihak sekolah tetapi orang tua ikut memotivasi, mengawasi dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan atau program-program yang ada di sekolah tersebut.
SD Saraswati 02 merupakan sekolah swasta dimana sekolah tersebut di bawah naungan sebuah yayasan. Dalam kegiatan perencanaan, pengembangan, dan pembangunan sekolah peran masyarakat kurang terlihat karena urusan itu sepenuhnya menjadi wewenang penuh pihak yayasan dan diawasi oleh yayasan yang menaunginya. Secara tidak langsung peran masyarakat dalam kegiatan pengembangan dan pembangunan adalah memberikan sumbangan berupa jasa yang diperlukan oleh sekolah untuk tercapainya kegiatan-kegiatan tersebut. Misalnya dalam pembangunan gedung sekolah, maka masyarakat akan menyumbangkan jasanya seperti tenaga yang diperlukan dalam pembangunan gedung sekolah. Masyarakat jarang memberikan sumbangan dana pada SD Saraswati 02 ini karena semua dana yang dibutuhkan telah disediakan oleh yayasan dan masyarakat tidak tahu menahu darimana dana itu berasal. Sedangkan sumbangan lain yang diberikan oleh masyarakat adalah SPP yang dibayar tiap bulan besarnya bervariasi menurut tingkat kelasnya, misalnya untuk kelas I Rp 130.000,00 dan kelas II Rp 148.000,00.
Dalam pelaksanaan program sekolah di SD Saraswati 02 ini biasanya mengikutsertakan masyarakat, masyarakat diikutsertakan dalam proses mengevaluasi program-program sekolah yang telah dilaksanakan, sehingga apabila program sekolah kurang sesuai maka masyarakat dapat memberikan kritik dan saran terhadap program sekolah tersebut melalui kepala sekolah dan akan disampaikan pada yayasan. Pada setiap program sekolah disusun dan dikelola oleh guru dan pengelola sendiri yang berasal dari yayasan. Sedangkan anggota yayasan sendiri berasal dari masyarakat sehingga secara tidak langsung peran masayarakat dalam pelaksanaan program sekolah di SD Saraswati 02 memang diperlukan dan diikutsertakan dalam pelaksanaan program sekolah.
Masyarakat tidak menerima secara pasif apa pun yang diputuskan oleh pihak yang terkait dengan SD Saraswati, karena masyarakat sebenarnya ikut berperan aktif membuat keputusan yang ada di SD Saraswati. Peran masyarakat dapat disalurkan melalui komite dimana komite itu tidak lain adalah yayasan karena dalam suatu yayasan tidak ada komite karena komite berasal dari masyarakat dari berbagai golongan sedangkan yayasan juga berasal dari berbagai golongan yang ada dalam masyarakt sehingga dalam sebuah yayasan tidak ada komite. Sehingga peran masyarakat dalam membuat keputusan disalurkan oleh yayasan dan hasil keputusan itu nantinya akan disampaikan kepada orang tua melalui selebaran surat resmi.
Masyarakat juga menerima konsultasi mengenai hal-hal yang terkait dengan sekolah. Misalnya kepala sekolah berkonsultasi dengan komite sekolah dan orang tua murid mengenai masalah pendidikan, masalah pembelajaran yang dilaksanakan, dll. Konsultasi-konsultasi tersebut dimaksudkan sebagai jalinan kerja sama antara pihak sekolah dengan pihak masyarakat untuk perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan sehingga terjadi hubungan timbal balik yang saling menguntungkan diantara keduanya.
Masyarakat diikutsertakan dalam evaluasi program sekolah. Program-program sekolah yang dilaksanakan dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Evalusi tersebut bisa berupa pengadaan rapat untuk membahas sejauh mana program sekolah tersebut dilaksanakan, apakah memberikan kontribusi yang baik atau tidak. Selain itu, pembagian rapor siswa kepada pihak orang tua merupakan bentuk evaluasi program sekolah juga. Masyarakat bisa menilai kualitas SD tersebut bagus atau tidak dilihat dari output yang dihasilkan (lulusan).
Sebagai bentuk keprofesionalannya, SD Saraswati 02 juga memberikan pelayanan khusus. Pelayanan khusus yang diberikan misalnya, sekolah menjalin kerjasama dengan mitra tertentu. Salah satunya adalah kerjasama dengan produk stabilo. Sebagai tandanya diberikan piagam yang ditempel di dinding kantor kepala sekolah. Selain itu juga ada kantin sekolah yang menjual jajanan untuk anak-anak dan peralatan tulis mereka sehingga akan lebih memudahkan pengawasan orangtua terhadap makanan yang dikonsumsi siswa di sekolah.
Peran tokoh masyarakat seperti kepala daerah adalah memberikan ijin pelaksanaan pembelajaran yang ada di SD Saraswati 02, memberikan mata pelajaran sesuai dengan keyakinan. Tokoh agama berperan dalam memperdalam agama dan keyakinan yang dianut oleh siswa, sehingga sekolah memfasilitasi dengan mendatangkan ahli-ahli atau tokoh agama ke sekolah.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Laporan Hasil Observasi di SD Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda