Latest News

Ingin bisa menulis? Silakan ikuti program training menulis cepat yang dipandu langsung oleh dosen, penulis buku, peneliti, wartawan, guru. Silakan hubungi 08562674799 atau klik DI SINI

Tuesday 17 June 2014

Contoh Abstrak PTK



            Sumardjan,2009 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyusun Rangkaian Listrik Melalui Penggunaan KIT Listrik Pada Pelajaran IPA Kelas VI SDN Sukorejo 3 .
            Dalam proses pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, guru hendaknya mampu memberi kemudahan – kemudahan kepada siswa sehingga siswa dapat menerima dan memahami materi yang diajarkan dengan mudah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara guru memberi perhatian kepada siswa, memberi tugas yang menantang sehingga ada usaha dan tekad untuk menyelesaikannya.
            Untuk mengatasi masalah ini perlu adanya kemauan dan kemampuan guru memperdayakan peralatan pelajaran yang tersedia dalam hal ini KIT IPA.
            Dari uraian tersebut timbullah satu permasalahan yaitu :
“Dengan menggunakan KIT Listrik pada mata pelajaran IPA, apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyusun rangkaian listrik?”
            Untuk menjawab permasalahan tersebut dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VI SDN Sukorejo 3 Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora tahun pelajaran 2009/2010.
            Pelaksanaan peelitian ini melalui 3 siklus dan tiao-tiap siklus melalui 4 tahapan yaitu : perencanaan tindakan, implementasi tindakan, monitoring dan evaluasi, refleksi hasil penelitian.
            Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode non tes yang meliputi kajian pustaka, metode observase, pembagian angket.
            Dari hasil penelitian ini ternyata setiap pembelajaran dengan  menggunakan KIT IPA/Listrik siswa semakin bergairah dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran, sehingga hasil belajar meningkat pula.
            Berkaitan dengan hal tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan KIT Listrik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyusun rangkaian listrik baik rangkaian paralel, seri maupun rangkaian campuran pada mata pelajaran IPA.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Abstrak PTK Rating: 5 Reviewed By: Hamidulloh Ibda